DPR AS Godok Draf Pembatasan Wewenang Militer Trump

0
134

Washington,LiputanIslam.com-Majelis Perwakilan AS, yang dikuasai mayoritas Demokrat, pada hari Kamis ini (9/1) mengagendakan pembahasan suatu draf, yang jika nanti disahkan, akan membatasi wewenang militer presiden negara tersebut.

Seiring meningkatnya ketegangan di Timteng usai teror atas Qassem Soleimani oleh AS, para legislator AS akan mengadakan pemungutan suara untuk pengesahan draf di atas.

“Pekan lalu, pemerintahan Trump telah menargetkan petinggi militer senior Iran dalam suatu serangan provokatif dan tidak relevan,”kata Nancy Pelosi, Rabu (8/1).

“Pemerintah melakukannya tanpa berkonsultasi dengan Kongres. Tindakan ini, yang meningkatkan gesekan dengan Iran, menempatkan pasukan AS, diplomat, dan orang-orang lain di ambang bahaya. Sejak waktu itu, Presiden telah menunjukkan secara gamblang, bahwa dia tak memiliki strategi terpadu untuk mewujudkan keamanan bagi warga AS, mengurangi gesekan dengan Iran, dan menciptakan stabilitas di kawasan itu,”imbuhnya.

Statemen Pelosi dirilis setelah para pejabat senior pemerintahan Trump berupaya menjustifikasi pembunuhan Soleimani di hadapan DPR dan Senat. Trump dalam pidatonya semalam juga mengambil sikap mundur dari ancaman militer terhadap Iran.

Meski Trump telah menyampaikan statemennya, Pelosi mengatakan, dia dan anggota Demokrat lain masih khawatir presiden AS pada akhirnya akan menyeret AS menuju perang dengan Iran. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Militer Iran Sebut Klaim AS Soal Gempuran Rudal Iran “Menggelikan”

Jika Perang Membesar, Siapa yang Salah?

DISKUSI: