Diresmikan sebagai Pemenang, Biden Minta Trump Terima Hasil Pilpres

0
79

Washington,LiputanIslam.com-Usai berakhirnya penghitungan suara di Majlis Elektoral dan konfirmasi kemenangan Joe Biden, kandidat presiden dari Demokrat itu menyampaikan pidatonya di kota Welmington di Negara Bagian Delaware.

“Penghitungan suara Majlis Elektoral pada hari ini menunjukkan, warga AS berpartisipasi aktif dalam Pilpres di tengah pandemi Corona. Lebih dari 155 juta orang telah memberikan suara,”kata Biden.

Menurutnya, para politisi di AS tidak memperoleh kekuasaan dengan tangan mereka sendiri, namun rakyat-lah yang memberikannya. Ia berkata,”Lebih dari 81 juta warga AS memilih saya dan Kamala Harris, sebuah angka yang belum pernah ada sebelum ini.”

Biden mengklaim, warga AS mengetahui bahwa pilpres tahun ini berjalan dengan adil dan jujur.

“Saya berharap kita tidak lagi menyaksikan seseorang menjadi target ancaman dan penyalahgunaan kekuasaan; sesuatu yang kita lihat pasca pilpres,”ujarnya.

Ia lalu menyinggung upaya Donald Trump untuk mengubah hasil pilpres dan mengatakan,”Tim Kampanye Trump telah mengajukan puluhan pengaduan atas pilpres tahun ini. Semuanya sudah didengar berkali-kali dan diperiksa di pengadilan, dan terbukti semua itu tak ada dasarnya.”

Biden menegaskan, 306 suara elektoral yang ia dan Harris peroleh sama persis dengan suara yang didapatkan Trump pada Pilpres 2016. Menurutnya, saat itu Trump menyebut jumlah suara itu sebagai kemenangan telak. Sebab itu, ujar Biden, ia meminta Trump kali ini berbuat serupa. (af/alalam)

Baca Juga:

Kemenkeu AS Jadi Target Serangan Siber, Peretas Rusia Dituding sebagai Dalangnya

Majalah Jerman Gelari Trump sebagai “Pecundang Tahun Ini”

DISKUSI: