Majalah Jerman Gelari Trump sebagai “Pecundang Tahun Ini”

0
301

Washington,LiputanIslam.com-Majalah terbitan Jerman, Der Spiegel dalam laporannya menyebut Presiden AS Donald Trump sebagai “Pecundang Tahun Ini.”

Tindakan Der Spiegel ini dilakukan di hari yang sama saat majalah AS, Time, menobatkan Presiden baru AS dan wakilnya Joe Biden dan Kamala Harris sebagai “Tokoh Tahun Ini.”

Dalam laporan Der Spiegel yang menyebut Trump sebagai pecundang, dikatakan bahwa dia adalah orang yang tidak mementingkan pekerjaan kolektif. Majalah terkemuka Jerman ini menilai, satu-satunya hal yang penting bagi Trump adalah “dirinya sendiri.”

“Tidak ada sesuatu yang ‘normal’ di era pemerintahan Trump. Dia enggan mengakui kekalahan dan justru bicara soal kecurangan besar-besaran di Pilpres, padahal ia tidak memiliki bukti apa pun atas klaimnya. Sama seperti saat dimulai, era kepresidenan Trump pun berakhir tanpa martabat dan kewibawaan,”tulis Der Spiegel.

Sebelum ini, Trump juga pernah mencuit,”Kita akan segera mempelajari sesuatu tentang kata ‘keberanian’ dan penyelamatan negara kita. Saya memperoleh suara ratusan ribu lebih banyak di semua negara bagian putaran. Data yang ada pasca pengambilan suara menunjukkan bahwa mustahil saya kalah, kecuali jika hasil pilpres sudah dimanipulasi.”

Pilpres AS berlangsung pada 3 November lalu. Media-media memperkirakan bahwa Joe Biden memperoleh 306 suara elektoral, sedangkan Trump hanya mendapatkan 232 suara elektoral. (af/fars)

Baca Juga:

Ini Argumentasi Aneh Trump Soal ‘Kemenangannya’ di Pilpres AS

Pemerintah Trump Hobi Klaim Kecurangan Pemilu, Kali Ini di Venezuela

 

DISKUSI: