Kemenkeu AS Jadi Target Serangan Siber, Peretas Rusia Dituding sebagai Dalangnya

0
298

Washington,LiputanIslam.com-Harian Washington Post mengklaim, para peretas Rusia berada di balik serangan siber pada Minggu malam (13/12) ke Kementerian Keuangan AS.

Mengutip dari sebuah sumber, Washington Post melaporkan bahwa Polisi Federal AS tengah menyelidiki kampanye sebuah kelompok peretas yang bekerja di biro intelijen asing Rusia. Di antara korporasi-korporasi keamanan swasta, kelompok ini dikenal dengan nama ATP29 atau Cozy Bear.

Menurut Washington Post, kelompok peretas ini juga pernah menjahili Gedung Putih dan Kemenlu AS di masa pemerintahan Barack Obama.

Kantor berita Reuters pada Minggu malam kemarin mengabarkan, Kementerian Keuangan AS telah diretas dan menjadi target serangan siber.

Reuters melaporkan, sebuah kelompok yang didukung pemerintah asing telah mencuri info-info Kementerian Keuangan AS, juga sebuah lembaga AS yang bertanggung jawab dalam keputusan terkait kebijakan internet dan informasi.

Menurut laporan media-media, serangan siber ini telah memaksa Dewan Keamanan Nasional AS mengadakan rapat darurat di Gedung Putih.

Biro-biro intelijen AS khawatir, para peretas yang menyerang Kementerian Keuangan akan menggunakan perangkat serupa untuk menyelinap masuk ke lembaga-lembaga AS lainnya. (af/fars)

Baca Juga:

Liga Arab “akan Diganti Liga Timteng”, Dahi Khalfan Minta Iran dan Israel Bergabung

Pasukan Iran Pantau Pesawat Pembom B-52 Milik AS

DISKUSI: