Dipandang Bermuatan Politik, Iran Tolak Resolusi Anti-Rusia di PBB

0
148

Teheran,LiputanIslam.com-Sidang Umum PBB yang diadakan Kamis lalu membahas resolusi yang menangguhkan keanggotaan Rusia di Dewan HAM PBB.

Resolusi tersebut disetujui oleh 93 negara, ditolak 24 negara, sementara 54 negara bersikap abstain. Salah satu negara yang menolaknya adalah Iran.

Wakil Tetap Iran di PBB, Majid Takht Ravanchi menyatakan, resolusi itu telah dipolitisasi, sehingga Teheran pun memberikan suara menolak.

“Pemerintah Republik Islam Iran kembali menekankan pentingnya menyelesaikan perselisihan secara damai, yang didasari hukum internasional dan penghormatan penuh semua pihak terhadap Piagam PBB dan hukum internasional,” tandas Ravanchi.

“Republik Islam Iran menegaskan, kedaulatan dan keutuhan wilayah semua negara harus dihormati sepenuhnya, begitu pula keamanan dan keselamatan semua warga sipil.”

Ia menambahkan, Pemerintah Iran mengungkap kekhawatiran mendalam atas kondisi buruk kemanusiaan di Ukraina yang terus berlanjut.

“Republik Islam Iran menilai bahwa draf resolusi ini memiliki motif-motif politis, yang akan menodai netralitas PBB. Pemerintah Iran memberikan perhatian khusus kepada peningkatan dan penjagaan HAM. Namun Iran berpendapat, penyalahgunaan mekanisme HAM PBB demi tujuan-tujuan politik berlawanan dengan prinsip universalitas dan sikap tebang pilih dalam menghadapi isu-isu HAM,” tegas Ravanchi. (af/fars)

Baca Juga:

Tak Bisa Ditawar, Parlemen Iran Desak Pemerintah Ambil Jaminan Kuat dari AS

Rusia: Kampanye Hitam di Bucha Sama Seperti Kampanye White Helmets di Suriah

DISKUSI: