Demokrat Berusaha Singkirkan Trump untuk Selamanya dari Pentas Politik

0
208

Washington,LiputanIslam.com-Orang-orang Demokrat di Senat AS berencana menggunakan Pasal Tambahan 14 UUD AS untuk mencegah kembalinya Donald Trump ke kekuasaan.

Menurut laporan Hill, pihak-pihak Demokrat telah memulai pembicaraan pertama dalam hal ini. Meski sebagian pihak internal belum yakin bahwa ini adalah langkah yang tepat, namun sejumlah senator Demokrat berusaha menemukan opsi agar Trupm tidak kembali berkuasa, menyusul serangan para pendukung Trump ke Kongres pada 6 Januari lalu.

Senator Tim Kaine dari Virginia yakin bahwa Kongres bisa menggunakan Pasal Tambahan 14 tersebut. Ia berkata,”Ini adalah ide ajaib dan tidak lazim. Saya pikir, orang-orang akan memikirkan hal ini secara bertanggung jawab.”

Senator Richard Blumenthal dari Connecticut juga mengatakan,”Solusi Pasal Tambahan 14 jelas sangat relevan untuk orang-orang seperti Trump yang memprovokasi kerusuhan.”

Potensi digunakannya Pasal Tambahan 14 ini mengemuka di saat pihak Demokrat secara terang-terangan menghendaki agar Trump tidak lagi berkuasa.

Sebelum ini, pemimpin mayoritas Senat, Charles Schumer meminta pemungutan suara terkait rencana pencegahan Trump kembali berkuasa, jika nanti ia didakwa “telah memprovokasi kekerasan yang disengaja terhadap Pemerintah AS” dalam sidang interpelasi mendatang.

Schumer pada Jumat (22/1) mengumumkan, sidang interpelasi Trump akan dimulai pada Senin 8 Februari yang akan datang. (af/alalam)

Baca Juga:

AS Mulai Meninjau Ulang Kebijakan Terorisasi Ansarullah Yaman

Saudi Ungkap Persyaratannya untuk Perjanjian Damai dengan Israel

DISKUSI: