Congkak, Dubes AS Abaikan Pemanggilan ke Kemenlu Irak

0
129

Baghdad,LiputanIslam.com-Seorang petinggi al-Hashd al-Shaabi di provinsi al-Anbar menyatakan, dubes AS di Baghdad tidak memenuhi pemanggilan ke kedubes Irak. Sebelum ini, kemenlu Irak memanggil dubes AS untuk menyerahkan nota protes atas serangan udara AS ke basis al-Hashd al-Shaabi, tentara, dan polisi Irak.

“Meski dubes AS sudah dipanggil untuk menerima nota protes atas serangan ke Karbala, Babil, Salahudin, dan al-Anbar, dia tidak bersedia hadir di kantor kemenlu,”kata Qushay al-Anbari kepada al-Maalomah.

“Dubes AS bersikap seolah pemerintahan Irak adalah bawahan Washington,”imbuh al-Anbari.

Menurutnya, pengabaian ini adalah bukti penghinaan AS terhadap kedaulatan Irak. Al-Anbari menegaskan, sikap kurang ajar ini ditindak tegas.

“Sebagian kelompok politik di parlemen saat ini tidak menghendaki keluarnya AS dari Irak. Bagi mereka, serangan AS ke al-Hashd al-Shaabi dan aparat keamanan tidak penting sama sekali. Mereka hanya mencari kepentingan pribadi,”tandas al-Anbari.

Jet-jet AS pada Jumat (13/3) lalu menyerang bandara sipil yang sedang dibangun di Karbala. Beberapa basis al-Hashd al-Shaabi, polisi, dan tentara Irak di Karbala, Babil, Salahudin, dan al-Anbar juga menjadi target serangan. Selain menimbulkan kerugian materi besar, serangan itu juga menewaskan dan melukai sejumlah orang.

AS mengklaim, serangan itu adalah balasan untuk serangan roket mencurigakan ke pangkalan militer al-Taji di Baghdad. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

WP: Komunitas Intelijen Sudah Peringatkan Trump Sebelum Persebaran Corona

Khamenei: Sanksi AS Buat Iran Swasembada di Semua Sektor

DISKUSI: