China Nyatakan Tak Akan Bantu Trump dalam Pilpres 2020

0
166

Beijing,LiputanIslam.com-Kantor berita Reuters melaporkan, Kementerian Luar Negeri China menegaskan tak akan ikut campur dalam pilpres AS mendatang.

Pernyataan ini adalah respons Beijing terhadap ucapan mantan Penasihat Keamanan Nasional Presiden AS, John Bolton. Dalam buku berjudul The Room Where It Happened, Bolton menulis,”Trump berpikir bahwa Presiden China Xi Jinping akan membantunya untuk memenangkan Pilpres 2020.”

Bantahan intervensi Beijing dalam Pilpres AS disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, saat ia ditanya seorang wartawan soal pernyataan Bolton dalam bukunya.

Sebagian isi dari buku Bolton telah bocor ke sejumlah media. Washington Post menulis, Trump dalam pertemuan dengan Presiden China tahun lalu meminta bantuannya. Ia mengatakan kepada Xi, jika China membeli hasil pertanian dari para petani AS, itu akan memengaruhi hasil Pilpres AS.

Bolton mengklaim, pertemuan ini terjadi di sela-sela Pertemuan G-7 pada tahun 2019 lalu.

Buku Bolton memuat sejumlah detail baru terkait peristiwa-peristiwa di Gedung Putih. Salah satunya adalah upaya Trump untuk meyakinkan Presiden Ukraina untuk membeberkan bukti aktivitas ilegal Joe Biden dan anaknya di negara tersebut. (af/mehr)

Baca Juga:

China Produksi Masker yang Bisa Bersihkan Diri Sendiri

Selidiki Kejahatan Perang AS, Pejabat ICC Malah Kena Sanksi dari Trump

DISKUSI: