Cegah Pembebasan Ma’rib, AS dan UEA Berkomplot dengan al-Qaeda

0
267

Sanaa,LiputanIslam.com-Sumber-sumber di Hadhramaut mengabarkan, beberapa hari lalu para perwira AS dan UEA telah menemui para petinggi al-Qaeda di Wadi Hadhramaut (timur Yaman). Sesuai kesepakatan yang dijalin, AS dan UEA setuju untuk memindahkan lebih banyak lagi anggota kelompok teroris ini ke Provinsi Ma’rib.

Sumber-sumber ini menyatakan, rencananya anasir al-Qaeda ini akan pergi ke Ma’rib untuk memerangi Tentara dan Komite Rakyat Yaman. Tujuan mereka adalah mencegah pasukan Pemerintah Sanaa merebut kota strategis tersebut.

Sebagai imbalannya, para pemimpin al-Qaeda yang ditahan di Penjara Guantanamo akan dibawa ke Mukalla, Yaman, dan dibebaskan.

Berdasarkan laporan sumber-sumber di atas, sejumlah personel dari pasukan AS dan UEA beberapa hari lalu tiba di kawasan Ghayl Ba Wazir, yang merupakan basis terpenting al-Qaeda di Yaman. Mereka mengklaim akan melancarkan “operasi rahasia untuk menumpas al-Qaeda”. Namun belakangan diketahui bahwa tujuan mereka adalah menemui para petinggi al-Qaeda, termasuk Khalid Batarfi.

AS dan UEA memperalat al-Qaeda untuk menyulut kerusuhan di kawasan kaya minyak Hadhramaut. Dengan demikian, AS dan UEA bisa menjarah minyak Yaman dengan leluasa. (af/fars)

Baca Juga:

Menhan Yaman: Pasukan Koalisi Kalah, Ma’rib akan Segera Terbebaskan

Keluarga Korban Teror Beirut Ajukan Gugatan atas Geagea dan Partainya

DISKUSI: