Brigade al-Qassam Catat Rekor Jumlah Roket yang Ditembakkan ke Israel

0
149

Gaza,LiputanIslam.com-Sayap militer Hamas, Brigade al-Qassam, membeberkan sejumlah fakta baru terkait konfrontasi dengan Rezim Zionis pada Mei 2019 lalu.

Pertempuran pada tanggal 3 dan 4 Mei 2019 itu meletus setelah Pasukan Rezim Zionis menembaki para pengunjuk rasa di perbatasan Gaza hingga menewaskan dua warga Palestina.

Seorang penembak jitu Palestina membalas dan menembak dua serdadu Israel hingga terluka parah. Jet-jet Israel lalu memulai serangan udara ke Gaza, yang segera dibalas Kelompok Perlawanan dengan menembakkan roket dan rudal.

Salah satu komandan di Unit Arsenal al-Qassam mengatakan,jumlah rata-rata roket yang ditembakkan dalam pertempuran ini adalah rekor dalam sejarah konfrontasi dengan Rezim Zionis. Brigade al-Qassim telah menembakkan ratusan roket berdaya hancur tinggi hanya dalam tempo 30 jam.

Saat itu, sebanyak 85 roket ditembakkan ke arah kota Askelon, 80 roket ke arah Ashdod, dan 60 roket ke arah Beersheba (Beer Sheva). Sejumlah pangkalan dan target Israel lain juga menjadi sasaran ratusan roket.

Unit Arsenal al-Qassam menggunakan taktik penembakan roket dalam skala besar guna melewati hadangan sistem pertahanan Iron Dome. Taktik itu berhasil dan menyebabkan kerugian besar di pihak Israel, sehingga Tel Aviv segera mengajukan tawaran gencatan senjata.

Al-Qassam pada tahun lalu mengumumkan, kebanyakan rudal yang digunakan adalah tipe Sijjil yang merupakan produk lokal. S-40 adalah varian paling populer dari rudal Sijjil yang telah digunakan untuk menargetkan kota Beersheba hingga menimbulkan kerugian besar. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Haniyeh Ungkap Jumlah Serdadu Zionis yang Ditawan oleh Hamas

Sosiolog Israel: Perjalanan Netanyahu Sudah Hampir Tamat

DISKUSI: