Biden Didesak Ratusan Tokoh Dunia untuk Hentikan Hegemoni Israel

0
646

Washington,LiputanIslam.com-Presiden AS, Joe Biden mendapatkan surat terbuka dari 680 tokoh dan organisasi terkemuka dunia dari 75 negara. Mereka mendesak Pemerintah AS untuk membantu mengakhiri hegemoni dan kekejaman Tel Aviv atas bangsa Palestina.

Surat ini dikutip al-Jazeera pada Kamis 17 Juni dari situs Prancis, Mediapart. Di antara tokoh yang menandatangani surat tersebut adalah mantan Presiden Irlandia dan Komisaris Tinggi HAM PBB 1997-2007 Mary Robinson, mantan Menlu Aljazair al-Akhdhar al-Ibrahimi, aktivis Yaman dan pemenang Nobel Perdamaian 2011 Tawakul Karman, dan pemikir terkemuka AS Noam Chomsky.

Dalam surat itu disebutkan, jika kebijakan-kebijakan AS saat ini masih mengabaikan keadilan dan tuntutan (terhadap pelaku kejahatan), perdamaian permanen dan adil bagi masyarakat tidak akan bisa diwujudkan.

“Pemerintahan Anda berkomitmen untuk menjalankan kebijakan luar negeri yang berporos pada pembelaan terhadap demokrasi dan perlindungan HAM. Baru-baru ini, Anda mengaku percaya bahwa orang Palestina dan Israel berhak hidup dalam keamanan dan menikmati kesetaraan untuk kebebasan, pertumbuhan, dan keadilan. Namun ada kesenjangan sangat dalam antara statemen ini dan kehidupan sehari-hari bangsa Palestina”, demikian disebutkan dalam surat tersebut.

Para penulis surat menyatakan, kendati gencatan senjata sudah diberlakukan, Polisi Israel masih melakukan tindakan seperti penggusuran paksa serta kekerasan terhadap peserta unjuk rasa damai dan jemaah salat di Masjid Aqsa.

AS dianggap terikat untuk melenyapkan semua faktor yang menyebabkan tindakan-tindakan represif ini; tindakan kekerasan yang telah diabaikan Pemerintah AS selama bertahun-tahun. (af/fars)

Baca Juga:

Pemimpin Iran Sebut Partisipasi Rakyat dalam Pilpres Besok adalah Bentuk Perlawanan terhadap Musuh

Pasukan Yaman Gempur Bandara Abha Milik Saudi

DISKUSI: