Bersilang Pendapat Soal Iran, Kubu AS Terpecah di Wina

0
366

Washington,LiputanIslam.com-Dua anggota dari delegasi AS dikabarkan telah meninggalkan ibu kota Austria dan pulang ke Washington. Kepulangan dua anggota dari tim negosiator AS di perundingan Wina itu disinyalir akibat adanya perselisihan internal dengan Ketua Delegasi AS, Robert Malley, terkait cara menghadapi Iran.

”Bersamaan dengan sampainya perundingan pemulihan JCPOA ke tahap sensitif, muncul perpecahan di tengah tim negosiator AS terkait sikap keras terhadap Iran dan waktu untuk keluar dari perundingan,”tulis Wall Street Journal dalam laporannya.

“Seperti yang diberitakan NBC, Richard Nephew adalah salah satu dari 3 orang yang dilaporkan mundur dari perundingan beberapa hari lalu, menyusul pertikaian soal cara melaksanakan perundingan. Meski salah satu pejabat Kemenlu berkata bahwa hanya  2 orang (yang pulang), namun kami tahu bahwa Nephew sudah tidak ada di Wina sejak Desember lalu,”lanjut Wall Street Journal.

Majalah ini menambahkan, pihak AS berselisih paham soal apakah seharusnya Washington melakukan tekanan tahun lalu agar Iran dikecam di IAEA atau tidak.  WSJ menyatakan, bahwa hal-hal ini bukanlah semua perselisihan di dalam tubuh kubu AS, namun telah memunculkan kesenjangan besar di tengah delegasi AS. (af/fars)

Baca Juga:

Tanggapi Isyarat dari Iran, AS Nyatakan Siap Berunding Langsung

Rusia Anggap Iran Lebih dari Sekadar Mitra

DISKUSI: