Selamati Pembebasan Lebanon, Assad: Perlawanan adalah Opsi Tepat

0
61

Damaskus,LiputanIslam.com-Presiden Suriah Bashar Assad mengirim surat kepada Presiden Lebanon, Michel Aoun dan mengucapkan selamat atas peringatan Hari Perlawanan dan Kemenangan Lebanon.

Rezim Israel pada 25 Mei 2000 menyerah di hadapan Hizbullah dan terpaksa angkat kaki dari selatan Lebanon, meski saat itu dianggap memliki kekuatan militer yang lebih unggul daripada Hizbullah.

Stasiun televisi al-Manar melaporkan, Assad dalam suratnya menyatakankan, kemenangan Lebanon pada 22 tahun silam adalah sebuah tahap bersejarah gemilang, sebab itu telah mengembalikan hak bangsa Lebanon dan mementahkan rencana-rencana Rezim Zionis.

Menurut Assad, kemenangan bangsa Lebanon menunjukkan kebenaran metode dan opsi perlawanan, sebab perlawanan adalah hak natural bagi tiap bangsa yang kedaulatan negaranya dilanggar.

Presiden Suriah di akhir suratnya menyatakan, kenangan para pahlawan yang telah menerangi jalan kemuliaan dengan darah suci mereka akan selalu terpatri dalam nurani rakyat.

Terkait dengan ini, Ketua Parlemen Lebanon, Nabih Berri beberapa waktu lalu menegaskan pentingnya keikutsertaan Suriah dalam pertemuan Asosiasi Parlemen Arab.

Selain menekankan pentingnya usaha serius demi mengatasi masalah sosial-ekonomi, Berri kembali menegaskan sikapnya bahwa Suriah harus diundang untuk menghadiri pertemuan Asosiasi Parlemen Arab.

Dukungan agar Suriah diundang ke pertemuan negara-negara Arab terus diberikan di saat Sekjen Liga Arab, Ahmed Aboulgheit mengklaim, saat ini tidak ada kesepakatan antara negara-negara anggota soal kembalinya Damaskus ke Liga Arab. (af/fars)

Baca Juga:

Hizbullah Tegaskan Tetap Terdepan Membela Lebanon Selatan di Hadapan Israel

Pedas, Suriah Sebut Pernyataan Erdogan ‘Statemen Busuk’

DISKUSI: