Barak: Mustahil Melenyapkan Kelompok Berakar Kuat seperti Hizbullah

0
206

TelAviv,LiputanIslam.com-Ehud Barak, mantan Perdana Menteri, Menteri Perang, dan Kepala Staf Gabungan Militer Israel membahas mundurnya Rezim Zionis dari Lebanon, para pengungsi Palestina, dan Hizbullah dalam wawancara dengan Radio Israel.

Saat bicara tentang angkat kakinya Israel dari Lebanon pada Mei tahun 2000, Barak menjelaskan bahwa Tel Aviv telah merancang rencana untuk mengambil keuntungan dari pendudukan Lebanon. Israel disebutnya berniat memindahkan para pengungsi Palestina dari Lebanon ke Yordania. Namun rencana itu gagal diwujudkan karena sulit diimplementasikan.

Menurut Barak, awalnya diasumsikan bahwa orang-orang Palestina akan terpaksa kembali ke Yordania, lalu menggulingkan kekuasaan klan Hashemi di negara tersebut, dan setelah itu mendirikan negara Palestina di Yordania (namun rencana itu gagal).

Saat ditanya kenapa dirinya tidak melenyapkan Hizbullah saat masih menjabat sebagai Kepala Staf Gabungan Militer Israel, Barak menjawab bahwa kelompok tersebut mustahil untuk dilenyapkan.

“Hizbullah adalah sebuah gerakan perlawanan dengan cover nonmiliter yang memiliki akar kuat di Lebanon. Tidak ada cara untuk melenyapkannya, kecuali Anda masuk ke dalam Lebanon dan menetap di sana,”kata Barak.

“Sebelum ini, kami sudah mencobanya, namun gagal. Sama seperti kami tak bisa melenyapkan ‘sel-sel teroris’ Palestina di Tepi Barat sepenuhnya. Menurut saya, tak ada kemungkinan untuk bisa melenyapkan Hizbullah,”tandasnya. (af/fars)

Baca Juga:

Jerman Larang dan Tangkapi Para Terduga Anggota Hizbullah, Israel Bersorak

Brigade al-Qassam Catat Rekor Jumlah Roket yang Ditembakkan ke Israel

DISKUSI: