Bantu Koalisi Saudi, Tentara AS Terlibat Langsung di Medan Tempur Ma’rib

0
253

Sanaa,LiputanIslam.com-Harian Lebanon, al-Akhbar, dalam tulisannya menyatakan, keikutsertaan AS dalam perang di Yaman bukan kabar baru. Sanaa sudah sejak dahulu percaya bahwa agresi ke Yaman dilandasi oleh kepentingan-kepentingan Paman Sam.

Selain itu, AS juga ditengarai sebagai pihak yang tidak menghendaki perang di Yaman berakhir, karena Washington belum berhasil mewujudkan tujuan-tujuannya.

Al-Akhbar mengutip kabar dari media AS, al-Hurra, bahwa Pasukan Khusus AS dikabarkan terjun dalam pertempuran di Yaman saat ini guna mendukung Koalisi Saudi, setelah sebelumnya hanya memberi dukungan secara tidak langsung.

Sebelum Joe Biden menjabat, AS sudah mengakui keterlibatan tidak langsungnya dalam perang Yaman, yang dilakukannya dalam bentuk pemberian dukungan logistik-teknis-intelijen, update data-data target, pengisian bahan bakar, dan ditambah kehadiran pakar AS serta Inggris di perbatasan Saudi-Yaman.

Al-Akhbar menilai, sepertinya Washington menyimpulkan bahwa para sekutunya, terutama Riyadh, tengah menuju kejatuhan dengan cepat. Perkembangan lapangan inilah yang disinyalir telah memaksa AS terjun langsung di medan tempur di saat perang telah memasuki fase-fase menentukan.

Pertempuran untuk membebaskan Provinsi Ma’rib telah dimulai sejak tahun lalu. Sebagian besar kawasan dan kota di provinsi penting ini telah direbut kembali oleh Tentara dan Komite Rakyat Yaman. (af/fars)

Baca Juga:

Menlu Yaman: Proposal Iran adalah Kunci Jalan Keluar Krisis

Ini Tujuh Target Serangan Balasan Iran di Israel Jika Israel Menyerang Iran

DISKUSI: