AS Klaim Jetnya “Bertindak Profesional dan Berada di Jarak Aman” dari Pesawat Iran

0
144

Teheran,LiputanIslam.com-Seorang perwira militer AS mengatakan kepada Reuters, jet F-15 milik AS berada di jarak pandang pesawat penumpang Iran, namun itu terjadi di “jarak yang aman.”

Jubir CENTCOM, Bill Urban, mengaku bahwa dua jet AS tengah melakukan penerbangan legal dan rutinnya di zona pangkalan militer al-Tanf, Suriah, bersamaan dengan melintasnya pesawat maskapai Mahan di kawasan tersebut.

“Jet-jet F-15 sedang menjalankan misi di dekat al-Tanf dan melakukan pemeriksaan visual terhadap pesawat Mahan dari jarak aman sekitar seribu meter,”ujar Urban kepada VOA.

Menurutnya, setelah yakin bahwa keamanan personel militer di al-Tanf tidak akan terganggu dan pilot F-15 mengkonfirmasi bahwa pesawat Iran itu adalah pesawat penumpang, jet itu lalu menjauh darinya.

Jubir CENTCOM mengklaim, gangguan jet AS terhadap pesawat Mahan itu dilakukan “secara profesional dan berdasarkan standar internasional.”

Kantor berita Reuters pada Kamis malam (23/7) memberitakan, dua jet tempur Israel mendekati pesawat penumpang Iran di langit Suriah dan menimbulkan gangguan untuknya.

Dilansir Fars, pesawat milik maskapai Mahan sedang menuju bandara Beirut, ketika jet tempur itu mendekatinya sehingga memaksa pilot mengurangi ketinggian secara mendadak. Akibatnya, sejumlah penumpang mengalami cedera dalam kejadian itu. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

[Video] Jet Tempur AS Dekati Pesawat Penumpang Iran di Langit Suriah, Sejumlah Orang Terluka

Mantan Dirjen MOSSAD: Israel Tak Mampu Cegah Iran Menjadi Negara Nuklir

DISKUSI: