al-Hashd al-Shaabi: ISIS di Irak Terima Bantuan Asing

0
152

Baghdad,LiputanIslam.com-Seorang petinggi al-Hashd al-Shaabi mengungkapkan, elemen-elemen ISIS yang tersisa di Irak mendapat sejumlah bantuan dari negara-negara asing.

Kepada kantor berita al-Maalomah, Shadiq al-Husaini mengatakan bahwa al-Hashd al-Shaabi menemukan bom-bom seberat 30 kg dengan daya ledak besar.

Menurutnya, bom-bom itu ditemukan di persembunyian bawah tanah saat al-Hashd al-Shaabi melancarkan operasi antiterornya di Provinsi Diyala.

Selain bom-bom berdaya ledak besar, juga ditemukan sejumlah bom-bom berbobot ringan yang digunakan untuk menargetkan manusia dan kendaraan.

“Penyelidikan dan tes menunjukkan bahwa bom-bom itu tidak dibuat ISIS. Ini adalah bukti bahwa sisa-sisa ISIS di Irak mendapat bantuan asing untuk membuat bom-bom tersebut,”kata al-Husaini.

Ia menegaskan, sudah banyak yang percaya bahwa ISIS mendapatkan sokongan finansial dari negara-negara asing.

Dalam satu bulan terakhir, sejumlah kawasan di Provinsi Salahudin, Kirkuk, al-Anbar, dan Neineveh (utara dan barat Irak) menyaksikan aktifnya kembali sisa-sisa ISIS dan pertempuran mereka dengan Pasukan Irak.

Serangan terbesar dilancarkan ISIS di Provinsi Salahudin yang menewaskan 10 anggota al-Hashd al-Shaabi. Serangan itu mendorong al-Hashd al-Shaabi melakukan operasi sterilisasi sejumlah kawasan. Yang terbaru adalah sterilisasi enam desa di barat Mosul. (af/fars)

Baca Juga:

al-Hashd al-Shaabi: ISIS Gagal Mengulangi Skenario “Pendudukan Mosul”

Legislator Irak: al-Hashd al-Shaabi adalah Benteng untuk Membendung Serangan ISIS

DISKUSI: