Badan Keamanan Israel Peringatkan agar Tidak Berkonflik dengan Iran

0
819

TelAviv,LiputanIslam.com-Situs Israel, Walla melaporkan bahwa Otoritas Keamanan Israel, termasuk Kepala Staf Tentara Israel, telah melakukan sejumlah rapat baru-baru ini. Dalam pertemuan-pertemuan itu disimpulkan bahwa Israel sebaiknya tidak terlibat konfrontasi dengan Iran.

Badan dan pejabat keamanan Rezim Zionis menilai bahwa meningkatnya krisis dan konflik dengan Iran tidak akan menguntungkan Israel, terutama di saat Pemerintah baru AS masih merancang kebijakan baru terhadap Teheran.

Otoritas Keamanan Israel menyebut titik-titik laut yang berujung ke Tanah Pendudukan, terutama Selat Hormuz, sebagai kawasan vital. Mereka menyatakan, tiap tindakan yang gegabah bisa berhadapan dengan reaksi keras Iran.

Harian Haaretz pada Minggu (14/3) menulis, mengingat bahwa 99 persen muatan dan barang-barang yang dibutuhkan Israel didistribusikan melalui jalur laut, konflik dengan Iran bisa mendatangkan kerugian amat besar bagi ekonomi Israel.

Di lain pihak, majalah AS, National Interest (NI) dalam tulisannya mengutip penilaian dari Institut Stratfor bahwa dari sisi geografis, “Iran adalah sebuah benteng”.

Menurut media AS ini, mengingat kekuatan rudal Iran, tiap invasi militer AS ke wilayah negara itu akan memaksa Washington mengeluarkan biaya sangat besar.

NI dalam laporannya membahas kemampuan pertahanan Iran dan fokus negara ini untuk meraih kemampuan melaksanakan strategi “Cegah Akses” atas AS. Dengan memiliki sejumlah besar rudal terpandu berpresisi tinggi, speedboat, drone, kapal selam, dan ranjau, Teheran dinilai bisa membuat Tentara AS kepayahan dalam pembiayaan perang. (af/alalam)

Baca Juga:

Teheran Duga Israel Serang Kapal Kargo Iran di Laut Mediteranian

Tiga Nelayan Palestina Gugur, Jihad Islami Ancam Balas Israel

DISKUSI: