Teheran Duga Israel Serang Kapal Kargo Iran di Laut Mediteranian

0
831

Teheran, LiputanIslam.com –  Iran mengaku memutuskan untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengidentifikasi pelaku serangan teror terhadap kapal kargonya di Laut Mediterania belakangan ini.

“Laporan mengkonfirmasi serangan sabotase di kapal itu jelas melanggar hukum internasional dan peraturan laut,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh, Sabtu (14/3).

Dia mengutuk keras serangan itu dan mengatakan, “Pengambilan tindakan yang diperlukan untuk mengidentifikasi pelaku tindakan sabotase ini ada dalam agenda berbagai departemen, dan langkah-langkah tindak lanjut yang diperlukan dalam hal ini ada dalam agenda.”

Sebuah kapal kontainer Iran mengalami sedikit kerusakan setelah menjadi sasaran serangan ketika sedang berlayar di Laut Mediterania menuju Eropa pada awal pekan ini.

Juru bicara Kelompok Jalur Pelayaran Republik Islam Iran (IRIS) Ali Ghiasi mengatakan bahwa objek ledakan telah menghantam kapal kontainer Shahr-e Kord saat melakukan perjalanan menuju Eropa, Rabu.

Dia menyebutkan bahwa lambung kapal itu mengalami kerusakan ringan, dan tidak korban yang jatuh di antara awak kapal akibat serangan tersebut.

Menurutnya, ledakan itu menyebabkan kebakaran kecil yang segera dikendalikan dan dipadamkan oleh awak kapal, dan kapal itu “akan melanjutkan rutenya setelah ada penilaian kerusakan dan perbaikan.”

Sementara itu, salah satu anggota tim teknis yang ditugaskan menyelidiki dampak insiden tersebut mengatakan bahwa Israel diduga kuat berada di balik serangan itu.

Sumber anonim itu mengatakan bahwa bahan peledak telah menimpa sejumlah kontainer di atas geladak kapal, dan bahan itu diduga telah dijatuhkan dengan menggunakan benda terbang.

“Melihat posisi geografisnya serta modus penyerangan kapal itu, salah satu kemungkinan kuatnya ialah bahwa Rezim Zionislah yang melancarkan operasi teror ini,” ungkap sumber tersebut.

Website Ynet yang merupakan salah satu media Zionis juga menyebutkan bahwa Israel bisa jadi terlibat dalam serangan ini. (mm/mna)

Baca juga:

[Video]: Kapal Kargo Iran Terkena Serangan di Laut Mediterania

Jenderal Qaani: Suara Penghancuran Tulang Orang AS akan Terdengar pada Saatnya yang Tepat

DISKUSI: