Ayatullah Khamenei: Ukraina adalah Korban Krisis yang Diciptakan AS

0
304

Teheran,LiputanIslam.com-Dalam pidato peringatan pengutusan Nabi Muhammad saw sebagai utusan Allah, Ayatullah Ali Khamenei menyebut krisis Ukraina sebagai buah dari kebijakan-kebijakan AS.

“Hari ini, Ukraina adalah korban kebijakan penciptaan krisis yang dilakukan AS. Dengan cara cara mengintervensi urusan domestik Ukraina, membuat demo-demo, menciptakan kudeta warna, kehadiran senator-senator AS di unjuk rasa, dan mengubah-ubah pemerintahan, AS telah menyeret Ukraina ke titik ini,”kata Ayatullah Khamenei.

“Kami menentang perang, pembunuhan warga sipil, dan penghancuran infrastruktur milik rakyat di segala penjuru dunia. Ini adalah sikap tetap Republik Islam Iran. Kebijakan kami tidak berstandar ganda seperti Barat, yang menyebut pengeboman atas rombongan pernikahan di Afghanistan dan pembunuhan warga Irak sebagai pembasmian terorisme.”

Pemimpin Tertinggi Iran ini lalu menyebutkan sejumlah contoh krisis-krisis yang diciptakan AS.

“Apa yang dilakukan AS di timur Suriah? Kenapa mereka menjarah minyak Suriah? Kenapa mereka merampok harta nasional rakyat di Afghanistan? Kenapa mereka membela kejahatan yang dilakukan Zionis siang malam di Asia Barat? Kenapa mereka menciptakan krisis-krisis ini atas nama ‘pembelaan HAM?”

“Sudah 8 tahun bangsa Yaman dibombardir. Namun orang-orang Barat bukan hanya tidak mengutuk, namun justru memberikan dukungan propaganda, media, dan praktis terhadap kejahatan atas rakyat Yaman,”tandasnya. (af/alalam)

Baca Juga:

Sindir Ekspansionisme NATO, Iran Dukung Upaya Diplomatik untuk Penyelesaian Krisis Ukraina

Iran Maklumi Kekhawatiran Rusia soal Perluasan NATO

DISKUSI: