Axios: Israel Miliki Kedubes Rahasia di Bahrain Selama 11 Tahun

0
90

Manama,LiputanIslam.com-Situs Axios mengungkapkan, Rezim Zionis melakukan “diplomasi rahasia” di Bahrain melalui sebuah korporasi samaran. Situs AS ini mengabarkan bahwa kantor diplomatik rahasia ini beroperasi selama 11 tahun di bawah komando Israel.

Dalam wawancara dengan sejumlah sumber Israel dan Bahrain, juga dokumen Kementerian Dagang Bahrain, Axios mengaku telah memperoleh beberapa detail terkait masalah ini.

Perundingan untuk membuka kembali sebuah kantor diplomatik rahasia telah dimulai pada tahun 2007-2008 dalam pertemuan diam-diam antara Menlu Israel Tzipi Livni dan Menlu Bahrain Khaled bin Ahmad Al Khalifa.

“Menurut para pejabat Israel, hubungan dekat kedua belah pihak berbarengan dengan ditutupnya kantor diplomatik Israel di Doha, Qatar. Hal ini meyakinkan pihak Bahrain untuk membuka kantor rahasia Israel,”tulis Axios.

Pada tanggal 13 Juli 2009 sebuah perusahaan bernama The Center for International Development didaftarkan di Bahrain, yang merupakan korporasi samaran untuk kantor diplomatik Israel.

Perusahaan ini hanya mempekerjakan pegawai dengan karakteristik tertentu, yaitu para diplomat Israel yang memiliki dua kewarganegaraan.

Salah satu pemilik saham perusahaan itu adalah Brett Jonathan Miller, warga negara Afsel yang diangkat menjadi Kepala Konsulat Israel di Mumbai, India pada tahun 2013.

Pemilik saham lain adalah Ido Moed, warga negara Belgia yang saat ini menjabat sebagai Koordinator Siber Kemenlu Israel.

Usai ditandatanganinya statemen bersama antara Israel dan Bahrain pada Sabtu lalu di Manama, seorang pejabat Israel memberikan memo kepada Menlu Bahrain terkait permintaan dibukanya kedubes di Manama.

Para pejabat Israel mengatakan, berkat adanya kantor rahasia, infrastruktur kedubes yang dibutuhkan sudah tersedia.

“Satu-satunya hal yang mesti kita lakukan adalah mengganti tanda di gerbang,”kata seorang pejabat Israel kepada Axios. (af/alalam)

Baca Juga:

Bahrain dan Israel Resmikan Hubungan Diplomatiknya dengan Israel, Penduduk Berunjuk Rasa

Pesawat Israel Dikabarkan Telah Mendarat di Sudan

DISKUSI: