Aparat Keamanan Nigeria Serang Pawai Arbain, Delapan Orang Terbunuh

0
438

Abuja, LiputanIslam.com –   Tentara dan polisi Nigeria dilaporkan telah menyerang warga Muslim Syiah yang menyelenggarakan pawai peringatan Arbai’in Imam Husain as.

Dikutip Al-Alam, Selasa (28/9), seorang warga Muslim Syiah Nigeria mengatakan, “Tentara dan polisi pada hari Selasa telah menembakkan peluru tajam dan membunuh delapan orang Syiah yang mengikuti acara keagamaan di jalan utama Ibu Kota Abuja.”

Juru bicara tentara dan polisi Nigeria belum bersedia berkomentar ketika diminta tanggapannya.

Peringatan tersebut diselenggarakan oleh Gerakan Islam Nigeria yang telah dilarang oleh pemerintah menyusul aksi protes penangkapan pemimpinnya, Syeikh Ibraheem Yaqoub El-Zakzaky, pada tahun 2019.

Abdullah Mohammad, anggota gerakan itu mengatakan bahwa para peserta menggelar pawai secara damai di jalur cepat Abuja-Kobo ketika tim gabungan polisi dan tentara menyerang mereka dengan tembakan gas air mata dan peluru tajam.

Dia menambahkan bahwa delapan orang terbunuh diterjang peluru tajam dan dua orang lainnya ditangkap.

Warga Muslim yang mayoritas bermazhah Sunni di Nigeria menempati sekira separuh populasi Nigeria yang berjumlah lebih dari 212 juta jiwa. Warga Muslim Syiah mengeluhkan diskriminasi dan penindasan yang sudah lama mereka alami. (mm/alalam)

Baca juga:

[Video:] Peringati Arba’in Husaini, Jutaan Peziarah Banjiri Kota Karbala

Ayatullah Khamenei: Asyura hingga Arbain, Momen Krusial dalam Sejarah Islam

DISKUSI: