Ashaib Ahl al-Haq Sebut Pemerintah Tak Serius Usir Pasukan AS

0
327

Baghdad,LiputanIslam.com-Kelompok perlawanan Irak, Ashaib Ahl al-Haq melalui petingginya menilai bahwa AS selalu mencari-cari alasan untuk terus bertahan di negara itu, karena memang tak berniat angkat kaki.

“Sehubungan dengan Irak, harus saya katakan bahwa AS dengan label ‘Koalisi Internasional’ dan ‘pelucutan senjata pemusnah massal’ datang ke Irak. Setelah rezim lama tumbang, AS tetap berada di Irak dengan alasan memerangi terorisme. Dengan kemunculan ISIS, yang notabene adalah hasil binaannya dan negara-negara Arab Teluk, AS kembali ke Irak setelah sempat menarik pasukannya,”papar Salim al-Ibadi kepada stasiun televisi al-Ahd.

“Kenyataannya adalah AS tidak berniat pergi dari Irak. Sebab-sebabnya jelas dan berkaitan dengan masalah ekonomi, geopolitik, dan selainnya. Sebab-sebab ini membuat AS ingin bertahan di Irak,”lanjutnya.

Al-Ibadi menilai, Pemerintah Irak juga terus menunda-nunda pengusiran Tentara AS, padahal semestinya Pemerintah bertindak sesuai tuntutan rakyatnya. Baghdad juga disebutnya berlama-lama untuk menjalankan keputusan Parlemen soal pengusiran pasukan AS.

Ia berpendapat, pernyataan-pernyataan PM Irak kontradiktif dengan statemen Menlu Irak soal pengusiran Tentara AS.

“Semua ini menandakan bahwa tujuan perundingan-perundingan ini adalah legitimasi untuk keberadaan Tentara AS di Irak,”tandas al-Ibadi. (af/alalam)

Baca Juga:

AS Didesak untuk Tarik Semua Serdadunya dari Irak Tanpa Kecuali

Media Zionis: Para Atlet Arab Jadikan Israel Bahan Olok-olok

DISKUSI: