AS Tuduh 4 Orang Kirim Komponen Pesawat ke Iran, 2 Orang dari Indonesia

0
102

Washington,LiputanIslam.com-Kementerian Hukum AS mengumumkan, 2 warga Iran dan 2 warga Indonesia dijatuhi dakwaan terkait ekspor komponen pesawat ke Iran.

Empat orang itu adalah Sahebali Moulaei (56) dan Mohsen Faghihi (54) asal Iran. Sementara tertuduh asal Indonesia adalah Arnold Kaunang (26) dan Alfrets Kaunang (55).

Dalam statemen yang dirilis Jumat (28/8), Kementerian Hukum AS menyebut empat orang ini telah melanggar UU terkait sanksi Washington atas Teheran.

“Pengiriman barang-barang AS ke Iran akan memperkuat kemampuan musuh untuk melakukan aktivitas destruktif dan berbahaya terhadap AS,”kata Jaksa Virginia, Zachary Terwilliger.

“Dengan tuduhan yang dilayangkan kepada empat orang ini, sebuah jaringan jual-beli, yang berperan dalam mengirim barang melalui perantara ke konsumen, telah dihancurkan. Kami tidak akan membiarkan orang atau badan usaha yang berupaya membahayakan keamanan nasional kita,”imbuh Terwilliger.

Dalam surat dakwaan, disebutkan bahwa empat orang ini berupaya mengekspor komponen buatan AS ke sebuah perusahaan pemerintah di Iran tanpa izin dari Kementerian Keuangan AS.

Empat orang ini juga dituding menyelundupkan barang-barang dari AS ke Iran. (af/alalam)

Baca Juga:

AS Sebut Sanksi Iran Dipulihkan 20 September, China: Bohong Besar!

Buntut Kerusuhan Kenosha, Pemerintah AS Kerahkan Ratusan Tentara Nasional

DISKUSI: