AS Tolak Pemberlakuan Gencatan Senjata Global demi Memerangi Pandemi Corona

0
129

Washington,LiputanIslam.com-Pada hari Jumat (8/5) AS menghalangi pemungutan suara terkait draf sebuah resolusi di Dewan Keamanan PBB. Resolusi itu berisi permintaaan agar gencatan senjata diberlakukan di berbagai negara dunia. Tujuannya adalah agar semua pemerintah bisa menangani pandemi Corona secara lebih efektif.

Para diplomat AS mengatakan kepada 14 anggota lain di Dewan Keamanan PBB, bahwa Washington tidak bisa memberi dukungan terhadap draf resolusi tersebut.

Dilansir kantor berita Prancis AFP, sikap AS tersebut membuat anggota-anggota Dewan Keamanan terkejut dan terheran-heran.

Menurut pernyataan para diplomat kepada AFP, alasan utama penolakan AS adalah nada pendeskripsian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di dalam draf tersebut.

Presiden AS Donald Trump pada bulan lalu menghentikan bantuan dana AS untuk WHO. Trump mengklaim, langkah itu diambilnya karena WHO memihak China.

Dalam draf itu disebutkan agar gencatan senjata diberlakukan di wilayah-wilayah konflik. Dengan demikian, pemerintah di wilayah tersebut bisa menghadapi pandemi Corona secara lebih optimal.

Draf itu juga meminta agar semua pemerintah “meningkatkan koordinasi” dalam membendung penyebaran virus Corona. (af/alalam)

Baca Juga:

Schiff: Trump Berupaya Alihkan Perhatian dari Kinerja Mengerikannya Menangani Corona

AS Tak akan Bantu Kemenkes Lebanon karena Dianggap Sekutu Hizbullah

DISKUSI: