AS Tak akan Bantu Kemenkes Lebanon karena Dianggap Sekutu Hizbullah

0
163

Beirut,LiputanIslam.com-David Schenker (staf Menlu AS) kembali ikut campur dalam urusan domestik Lebanon. Ia berupaya mengesankan bahwa Pemerintah Lebanon saat ini memihak kelompok tertentu.

Dalam wawancaranya Kamis malam (7/5) dengan stasiun televisi LBC, Schenker mengklaim bahwa Kemenkes Lebanon berada di tangan Hizbullah. Sebab itu, AS tidak memberi bantuan kepada Kemenkes Lebanon.

Hamad Hasan adalah figur yang dekat dengan Sekjen Hizbullah. Dia diangkat oleh PM Lebanon Hassan Diab sebagai Menkes dalam kabinetnya.

Sebelum ini, Schenker dalam berbagai kesempatan selalu mendiskreditkan Hizbullah. Dia selalu berusaha mengesankan Pemerintahan Diyab sebagai “Pemerintahan Hizbullah.”

“Hizbullah adalah sekutu Pemerintah Lebanon. Pemerintahan ini mendapat dukungan dari Hizbullah. Kami tidak akan memberi bantuan finansial kepada Kemenkes Lebanon, sebab kementerian ini dikendalikan Hizbullah. Namun kami tetap bekerjasama dengan lembaga-lembaga lain,”ujar Schenker.

Schenker juga membela sanksi AS atas Hizbullah dan menyebut kelompok tersebut melakukan aksi teror.

Sejak penyebaran pandemi Corona, Kemenkes Lebanon mengerahkan banyak upaya untuk menangani virus tersebut. Hizbullah turut membantu Pemerintah Lebanon dengan mengerahkan puluhan ambulans dan 20 ribu relawan, awak medis, dan dokter. (af/alalam)

Baca Juga:

Hizbullah Kecam Intervensi AS Pada Pemilihan Gubernur Bank Pusat Lebanon

Barak: Mustahil Melenyapkan Kelompok Berakar Kuat seperti Hizbullah

 

DISKUSI: