AS Optimis Gencatan Senjata Yaman Diperpanjang, Sanaa: Saudi Tak Serius Berdamai

0
123

Sanaa,LiputanIslam.com-AS melalui wakilnya di Yaman, Tim Lenderking menyatakan, Washington cukup optimis bahwa perpanjangan gencatan senjata akan diperpanjang. Washington mengklaim akan mengupayakan perpanjangan tersebut demi mewujudkan apa yang disebutnya sebagai “akhir perang”.

Sementara itu, Koalisi Saudi dinilai Sanaa tidak berkomitmen untuk melaksanakan kesepakatan gencatan senjata, yang menunjukkan Riyadh tidak serius menciptakan perdamaian.

”Kinerja negara-negara anggota Koalisi Saudi dalam gencatan senjata sama sekali tidak memberi harapan, sebab poin-poin terpenting gencatan senjata saat ini, yaitu penerbangan mingguan dan penghentian misi udara mata-mata, tidak dilaksanakan,”kata Abdulmalik al-Ajri, anggota Tim Perunding Yaman, seperti diberitakan al-Khabar al-Yemeni.

“Terkait perpanjangan gencatan senjata, hingga saat ini kami belum berunding dengan PBB. Fokus kami di tahap awal adalah pelaksanaan isi gencatan senjata. Perpanjangan gencatan senjata bergantung kepada pemulihan kondisi kemanusiaan.”

“Selama tidak ada komitmen terhadap konten gencatan senjata, tak ada dasar apa pun untuk memperpanjangnya. Segala perpanjangan harus dilakukan dengan mempertimbangkan tahap sebelumnya dan kondisi kemanusiaan,”tandas al-Ajri.

Ia tidak menjelaskan lebih rinci tentang kondisi kemanusiaan yang semestinya dipulihkan. Sejumlah spekulasi menyatakan, Sanaa menjadikan pembayaran gaji pegawai dan percepatan proses pertukaran tawanan sebagai syarat perpanjangan gencatan senjata. (af/fars)

Baca Juga:

Yaman Lontarkan Ancaman Jika Poin-poin Kesepakatan Dilanggar

Ditawari Perpanjangan Gencatan Senjata, Sanaa Pikir-pikir Dahulu

DISKUSI: