AS Klaim akan Dukung Aneksasi Tepi Barat Jika Israel Terima Syarat Ini

0
446

Washington,LiputanIslam.com-Menurut laporan Axios, PM Israel Benyamin Netanyahu bersikeras untuk mencaplok sejumlah wilayah di Tepi Barat. Namun Gedung Putih memintanya untuk ‘menahan diri’ sebelum ia menerima proposal AS yang lebih luas.

Seorang pejabat AS mengatakan kepada Axios, aneksasi Tepi Barat harus dilakukan “dalam bingkai usulan pembentukan Pemerintah Palestina dan didasari kondisi khas, pembahasan tanah, dan dukungan ekonomi.”

“Kami siap menerima tindakan Israel untuk meluaskan kedaulatan ke sejumlah wilayah di Tepi Barat. Syaratnya, Tel Aviv harus berunding dengan Palestina terkait horison yang telah dicanangkan Presiden Trump,”kata pejabat tersebut.

Para pejabat AS dan Israel mengabarkan, pesan ini telah disampaikan via berbagai kanal kepada Netanyahu dan para penasihatnya.

Banyak pihak internasional yang mencemaskan tindakan Israel ini. Sebuah kelompok yang terdiri dari 12 dubes Eropa, yang dipimpin Inggris, telah menentang rencana Tel Aviv tersebut.

Para Dubes Inggris, Belgia, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Belanda, Spanyol, Swedia, Finlandia, Denmark, dan Uni Eropa menegaskan, aneksasi Tepi Barat akan memicu instabilitas kawasan, juga “membahayakan posisi Israel di masyarakat dunia.” (af/alalam)

Baca Juga:

Sosiolog Israel: Perjalanan Netanyahu Sudah Hampir Tamat

Jihad Islami: Kanal Televisi Saudi Mempropagandakan Normalisasi Hubungan dengan Israel

 

DISKUSI: