AS Gunakan LSM-LSM untuk Jegal Hizbullah

0
220

Beirut,LiputanIslam.com-Situs Lebanon al-Ahed melaporkan, usai kegagalan terorisme ekonomi dalam membendung Hizbullah, kini AS dikabarkan telah meningkatkan jumlah LSM-LSM yang didanainya hingga dua kali lipat.

Menurut al-Ahed, LSM-LSM ini mengemban misi untuk merongrong semangat rakyat Lebanon dan mendiskreditkan Hizbullah agar kelompok ini kehilangan kursinya di Parlemen Lebanon.

Analis Israel, Ehud Yaari dalam laporannya di Kanal 12 mendorong dilakukannya upaya-upaya untuk mengalahkan Hizbullah di kotak-kotak suara dalam Pemilu legislatif mendatang.

Ia mengklaim, “ada kemungkinan bahwa Hizbullah dan para sekutunya akan kehilangan mayoritas suara dalam Pemilu yang akan datang.” Menurut Yaari, itu adalah sebuah peluang nyata, bahkan meski belum ada jaminannya.

Yaari menyatakan, ada banyak cara untuk memengaruhi hasil Pemilu Lebanon melalui orang-orang AS, Prancis, dan negara-negara sekitar Teluk Persia. Cara-cara ini mencakup pengurangan bantuan dana, pemberian bantuan profesional untuk kampanye-kampanye, dan mediasi antara para politisi yang menghadapi masalah dalam menyusun daftar pemilu. Semua cara ini bisa membantu para rival Hizbullah dalam memperoleh suara.

Ia menyatakan, sekutu besar Kristen Hizbullah, yaitu Free Patriotic Movement, bisa saja kehilangan separuh dari kursinya. Berdasarkan klaim Yaari, sebagian besar suara akan berpindah kepada para saingan Hizbullah, seperti Partai Lebanese Forces pimpinan Samir Geagea, yang merupakan kawan Israel dalam perang pertama Lebanon tahun 1982. (af/fars)

Baca Juga:

Dinilai Berperan Bangun Lebanon, Vatikan Ingin Hizbullah Tak Dicap Teroris

Al-Manar Beberkan Detail Penangkapan Antek Israel

DISKUSI: