Dinilai Berperan Bangun Lebanon, Vatikan Ingin Hizbullah Tak Dicap Teroris

0
445

Beirut,LiputanIslam.com-Harian al-Akhbar pada hari Jumat (18/2) melaporkan, Utusan Vatikan, Paul Richard Gallagher dalam sebuah pertemuan diplomatik menyinggung peran Hizbullah dalam memakmurkan Lebanon, yang membuat terkejut sejumlah forum di negara bekas jajahan Prancis tersebut.

Harian Lebanon ini menambahkan, Utusan Vatikan dalam pertemuan itu bicara soal pentingnya dialog dengan Hizbullah seputar isu-isu domestik Lebanon. Gallagher juga membahas pentingnya “pemulihan hubungan” dengan Hizbullah sebagai sebuah faksi Syiah dan salah satu kelompok politik di Lebanon.

Menurut laporan al-Akhbar, Gallagher juga berbicara tentang keharusan Hizbullah diyakinkan oleh pihak-pihak dalam dan luar negeri. Ia menyatakan, dihapusnya nama Hizbullah dari daftar teroris yang disusun AS dan sebagian negara akan memperlunak situasi dan memulihkan hubungan dengan kelompok ini.

Dalam lanjutan laporan al-Akhbar disebutkan, Pasal 93 dalam Arahan Suci untuk Lebanon tentang ‘Solidaritas dengan Dunia Arab” berbunyi,”Gereja Katolik menyambut baik dialog dan kerja sama dengan Muslimin Lebanon, serta menerima dialog dan kerja sama dengan Muslimin Lebanon serta negara-negara Arab lain sebagai salah satu bagian yang tak terpisahkan darinya.”

Pasal ini menegaskan status Arab negara Lebanon, hubungan dengan semua Muslimin, juga jati diri Lebanon dan pentingnya dialog antara Muslim dan Kristen. Al-Akhbar menambahkan bahwa sesuai pasal ini dan statemen Utusan Vatikan, kaum Kristen (Lebanon) didorong untuk berdialog dengan Hizbullah sebagai wakil kelompok Syiah Lebanon. (af/fars)

Baca Juga:

Bassil Nyatakan Senjata Hizbullah untuk Bela Lebanon

[Video:] Sayid Nasrallah: Hizbullah Membuat Drone dan Sanggup Menyulap Rudal Biasa Menjadi Rudal Presisi

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
AR-SA

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin-top:0in;
mso-para-margin-right:0in;
mso-para-margin-bottom:8.0pt;
mso-para-margin-left:0in;
line-height:107%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:12.0pt;
font-family:”Alegreya Sans”;}

DISKUSI: