AS dan Israel Sepakat Bentuk Satgas Hadapi Rudal dan Drone Iran

0
571

Washington,LiputanIslam.com-Gedung Putih merilis statemen terkait pertemuan Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan dengan kolega Israel-nya, Meir Ben-Shabbat.

Dalam statemen itu disebutkan, Sullivan dan Ben-Shabbat dalam pertemuan di Washington menyepakati konsultasi intensif antara AS-Israel terkait banyak isu-isu regional.

Statemen Gedung Putih menyatakan, kedua pejabat AS dan Israel itu membicarakan kekhawatiran mereka soal kemajuan program nuklir Iran dalam beberapa tahun terakhir.

Pihak AS juga memberitahu Israel tentang proses perundingan di Wina. AS menegaskan, Washington sangat berminat untuk berkonsultasi dekat dengan Tel Aviv seputar isu nuklir Iran.

“AS dan Israel memiliki satu pandangan terkait ancaman signifikan yang dimunculkan tindakan agresif Iran di Kawasan. Para pejabat AS menegaskan dukungan sepenuhnya (Joe) Biden terhadap hak Israel untuk membela diri.”

“AS dan Israel sepakat untuk membentuk sebuah satgas, dengan tujuan memfokuskan perhatian secara khusus terhadap ancaman drone dan rudal terpandu yang diproduksi Iran dan diberikan kepada para sekutunya di kawasan Timur Tengah,”demikian disebutkan dalam statemen tersebut.

Di akhir statemennya, Gedung Putih menyatakan bahwa AS masih memegang komitmennya untuk melindungi keamanan Israel. Washington juga akan mengambil tindakan demi memperkuat semua aspek hubungannya dengan Tel Aviv. (af/fars)

Baca Juga:

Kedubes AS di Irak Tak Akan Ditutup, Kenapa?

Untuk Pertama Kalinya, Human Rights Watch Sebut Israel Lakukan Kebijakan Apartheid

DISKUSI: