Ansharullah Merangsek Maju, Kondisi Militer Diberlakukan di Ma’rib

0
295

Sanaa,LiputanIslam.com-Seiring dengan pertempuran sengit di sekitar kota Ma’rib antara Tentara Yaman dan Ansharullah versus Koalisi Saudi, pasukan Mansour Hadi memberlakukan kondisi luar biasa di dalam kota tersebut.

Menurut laporan al-Khabar al-Yamani, sumber-sumber lokal di Ma’rib mengirim foto-foto yang menunjukkan keberadaan pasukan militer yang belum pernah terjadi sebelum ini. Sejumlah pos pemeriksaan dibuat dan para penembak jitu juga ditempatkan di atas atap-atap rumah.

Polisi Militer Ma’rib mengumumkan bahwa berdasarkan instruksi Menhan Pemerintahan Mansour Hadi, Muhammad al-Maqdashi, tidak satu pun konvoi militer yang diizinkan untuk hilir mudik di kota. Para warga juga diminta untuk tetap berada di rumah-rumah mereka.

Hingga saat ini belum diketahui alasan pemberlakuan kondisi darurat militer tersebut di Ma’rib. Menurut al-Khabar al-Yamani, pemberlakuan kondisi ini bisa saja berkaitan dengan konflik internal antara Kepala Staf Gabungan Tentara Mansour Hadi, Shaghir bin Aziz (yang didukung UEA), dengan Menhan al-Maqdashi (yang sejalan dengan partai al-Islah, yang pro-Ikhwan al-Muslimin).

Namun, berbarengannya kondisi ini dengan merangseknya Tentara Sanaa ke Ma’rib, memperkuat kemungkinan bahwa elemen-elemen Pemerintahan Hadi tengah bersiap untuk menghadapi Tentara Yaman dan Ansharullah di dalam kota tersebut.

Ma’rib adalah pusat utama konsenstrasi partai al-Islah, yang merupakan tulang punggung Pasukan Infanteri Mansour Hadi. Para pakar militer berpendapat, pembebasan Ma’rib bisa mengubah semua kalkulasi perang Yaman. (af/fars)

Baca Juga:

Usai Gempur Kilang Aramco, Ansarullah Yaman Nyatakan Saudi Sia-Sia Berlagak sebagai Korban

Ketar-Ketir Arab Saudi Ketika Turki Melirik Yaman

DISKUSI: