Anggota Parlemen Irak: AS Masih Intervensi Pemilihan Perdana Menteri

0
214

Baghdad,LiputanIslam.com-Fraksi al-Shadiqun di parlemen Irak menyatakan, Washington masih melanjutkan upaya untuk mengintervensi proses pemilihan perdana menteri Irak. Intervensi ini dilakukan AS melalui ‘boneka-boneka politiknya’ di dalam parlemen.

“Kedubes AS terus melakukan campur tangan dalam penentuan nama PM Irak. Tujuannya adalah untuk mempertahankan keberadaan militer AS di Irak,”kata Muhammad al-Baldawi kepada al-Maalomah, Rabu (11/3).

Fraksi al-Shadiqun sendiri adalah bagian dari aliansi al-Fath yang dipimpin Hadi al-Amiri.

“Kedubes AS melalui kerjasama dengan antek-anteknya berupaya memaksakan sejumlah nama sebagai kandidat perdana menteri Irak,”imbuh al-Baldawi.

Meski demikian, kata al-Baldawi, kedekatan sikap antara fraksi-fraksi politik Syiah dan aliansi al-Sairun (yang dipimpin Moqtada Sadr) serta al-Fath akan menggagalkan tekanan dan konspirasi AS ini.

Menurut legislator Irak ini, kelompok-kelompok politik di negaranya akan mengesahkan tokoh nasionalis untuk menjabat perdana menteri. Figur terpilih itu akan mengimplementasikan keputusan parlemen untuk mengusir semua pasukan asing dari wilayah Irak. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Dua Tentara dan Satu Kontraktor AS Tewas Terkena Serangan di Baghdad

Legislator Irak: Waspadai Bertambahnya Jumlah Serdadu AS di Irak

DISKUSI: