Anggota Parlemen Irak Ancam Lengserkan Presiden

0
267

Baghdad,LiputanIslam.com-Pemimpin fraksi Shadiqun menyatakan, mayoritas anggota parlemen Irak menegaskan akan melengserkan presiden, jika ia masih bersikeras menugaskan Adnan al-Zarfi untuk membentuk kabinet.

“Aliansi Sairun (yang dipimpin Muqtada Sadr) juga telah mengirim pesan kepada presiden bahwa dia bertugas menentukan perdana menteri. Namun, para pemimpin kelompok Syiah kembali menegaskan bahwa perdana menteri harus disetujui oleh aliansi al-Fath,”kata Adnan Fayhan dalam sebuah acara televisi.

“Sayyid Ammar Hakim, sama seperti mayoritas pemimpin fraksi-fraksi lain, juga memprotes penugasan al-Zarfi,”tambahnya.

Fraksi Shadiqun adalah bagian dari aliansi al-Fath pimpinan Hadi al-Amiri, yang menguasai mayoritas kursi di parlemen Irak.

Fayhan menyebut Barham Salih (presiden Irak) sebagai orang paling kontroversial di jajaran pemerintahan Irak. Menurutnya, Salih bertindak berdasarkan kecenderungan politiknya dan berusaha memanfaatkan kesenjangan antara kelompok-kelompok Syiah.

“Presiden telah membuat sebuah tradisi negatif. Dia mengabaikan hak mayoritas parlemen, sebab keputusan Salih dalam menugaskan al-Zarfi untuk membentuk kabinet adalah ilegal,”tandas Fayhan.

“Jika Presiden tidak membatalkan keputusannya, kami akan melengserkannya dengan mayoritas suara. Kami juga tak akan membiarkan kabinet al-Zarfi disahkan, sebab dia telah mengabaikan hak mayoritas,”imbuhnya. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Pasukan Israel Tembak Mati Pemuda Palestina di Tepi Barat

Surat Kabar Kuwait: Amerika akan Lakukan Kudeta Militer di Irak

DISKUSI: