Ancaman Pompeo Tutup Kedubes AS di Irak Bikin Pentagon Syok

0
104

Baghdad,LiputanIslam.com-Sebuah media AS memberitakan, statemen Mike Pompeo bahwa AS bisa saja menutup kedubesnya di Baghdad, telah membuat sejumlah petinggi Pentagon syok.

New York Times (NYT) mengabarkan, para petinggi dan komandan di Pentagon menyatakan bahwa mereka tidak memiliki program instan untuk mengurangi jumlah serdadu AS lebih banyak lagi.

Menurut kutipan NYT) dari tiga pejabat AS, Pompeo mengancam untuk menutup kedubes AS jika Pemerintah Baghdad tak bisa menghentikan serangan ke fasilitas-fasilitas AS.

Menurut NYT, penutupan Kedubes AS akan memberi pesan bahwa Washington telah meninggalkan PM Irak Mustafa al-Kadhimi.

Sebelum bertemu Trump bulan lalu di Washington, al-Kadhimi berusaha meyakinkannya unutk mempertahankan Tentara AS di Irak. Beberapa pekan setelahnya, Pemerintahan Trump mengumumkan akan mengurangi jumlah serdadunya di Irak menjadi 3000 personel hingga akhir Oktober nanti.

Meski demikian, lawatan al-Kadhimi ke Washington menunjukkan dukungan Gedung Putih terhadapnya. Sebab itu, ancaman Pompeo membuat pusing para pejabat Irak.

Ancaman Menlu AS bisa jadi merupakan propaganda untuk memaksa Baghdad memilih antara Teheran atau Washington.

Menurut sumber-sumber NYT, Kemenlu AS dikabarkan tengah mengkaji penutupan kedubesnya. Diharapkan keputusan akhir sudah diambil sebelum Pilpres nanti.

Rencananya, Dubes AS akan pindah ke Konsulat AS di Arbil, atau ke pangkalan militer Ayn al-Asad di Provinsi al-Anbar. (af/fars)

Baca Juga:

Legislator Irak: Kedubes AS Bukan Perwakilan Diplomatik, Tapi Pangkalan Militer

Moqtada Sadr Peringatkan Potensi Terjadinya Perang Saudara di Irak

DISKUSI: