Moqtada Sadr Peringatkan Potensi Terjadinya Perang Saudara di Irak

0
88

Baghdad,LiputanIslam.com-Pemimpin Kelompok Sadr, Moqtada Sadr, melayangkan peringatan terkait kemungkinan pecahnya perang saudara di Irak. Ia mengatakan,”Sejumlah pihak mencurigakan berupaya menciptakan ketidakamanan di Irak dan membahayakan keamanannya.”

“Semua harus tahu bahwa sebelum melakukan tindakan yang akan memicu perang saudara atau sektarian, hendaknya ia mempertimbangkan akal, logika, syariat, dan kecintaan kepada Tanah Air terlebih dahulu,”cuit Sadr dalam akun Twitter-nya.

“Irak adalah sebuah amanat di pundak kita. Jadi ketahuilah bahwa haram hukumnya menumpahkan darah warga Irak di negara ini,”imbuhnya.

Pada hari Senin sore (28/9) waktu setempat, sebuah serangan roket mencurigakan terjadi di sebuah kawasan permukiman di dekat bandara Baghdad. Serangan itu menewaskan dua wanita, tiga anak, dan melukai dua anak lain.

Akibat serangan itu, sebuah rumah di kawasan Albushaaban di distrik al-Ridhwaniyah hancur total usai dihantam dua roket Katyusha.

Pasca terjadinya serangan roket mencurigakan di Baghdad, situs berita, media sosial, dan akun-akun Twitter yang berafiliasi kepada AS dan Saudi, melancarkan kampanye terkoordinasi untuk mengaitkan serangan ini dengan Kelompok Perlawanan Irak.

Dalam beberapa jam terakhir, stasiun-stasiun televisi anti-Kelompok Perlawanan melakukan manuver terhadap insiden ini. Mereka terus menyiarkan adegan anak-anak yang tewas dan halaman rumah yang berlumur darah akibat serangan. Televisi-televisi ini berupaya mengesankan serangan ini sebagai kejahatan gabungan al-Hashd al-Shaabi dan Kelompok Perlawanan. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

AS Ancam akan Tutup Kedubesnya di Irak

Carut Marut Libanon di Tengah Persaingan Pengaruh AS, Prancis, dan Iran

DISKUSI: