Analis Israel: Tel Aviv Gagal Adu Domba Gaza dan Tepi Barat

0
204

TelAviv,LiputanIslam.com-Orientalis asal Israel, Ksenia Svetlova dalam tulisannya berpendapat, selama 14 tahun terakhir Israel yakin akan sukses mengadu domba Tepi Barat dan Jalur Gaza, juga antara Fatah dan Hamas. Namun faktanya, upaya yang lazim disebut “devide et impera” itu hingga kini tak memberikan hasil apa pun.

Svetlova mengakui bahwa setelah perang terbaru di Gaza, Hamas sukses meraih kemenangan dan keluar dari medan dengan kepala tegak. Ia menyatakan bahwa usai Perang 11 Hari, sebagian personel Hamas menjadi bintang di situs-situs Arab.

“Dalam perang terbaru di Gaza, Israel kembali sampai pada kesimpulan bahwa Hamas tak mungkin dikendalikan. Juga mustahil untuk menjalin kesepakatan dengannya. Alasannya, Hamas adalah sebuah organisasi ideologis yang memiliki tujuan-tujuan jelas,” kata analis Israel ini.

Ia mengklaim, Hamas berusaha mendapatkan legitimasi internasional. Sebab itu, ia berpendapat bahwa tampaknya akan terjadi pertempuran lagi antara Hamas dan Israel.

Svetlova juga mengatakan, Rezim Zionis dan sekutunya tidak boleh membiarkan Hamas mengukuhkan eksistensinya di Palestina dan berunding dengan elemen-elemen Pemerintahan Otonomi Nasional Palestina (PNA). (af/fars)

Baca Juga:

Hamas kepada Israel: Tawanan Harus Ditukar Tawanan, Bukan dengan Bahan Pangan

Rusia: Iran Negara Pertama Non-Nuklir yang Perkaya Uranium 60%

DISKUSI: