Analis: Ada Tujuan Politis AS di Balik Rencana Pembangunan Tembok Perbatasan Irak-Suriah

0
310

Baghdad,LiputanIslam.com-Seorang analis Irak, Maher Abdujudih dalam wawancara dengan al-Maalomah mengungkap alasan-alasan di balik rencana pembangunan tembok perbatasan Irak-Suriah. Ia berpendapat, ada sebuah proyek besar di balik rencana pembangunan ini.

“Dengan membangun tembok perbatasan Irak-Suriah, AS dan negara-negara Kawasan sedang menjalankan sebuah rencana besar, yaitu menutup jalan bagi Poros Resistansi dan unit-unit al-Hashd al-Shaabi ke arah kawasan perbatasan, terutama segitiga Suriah-Irak-Yordania, dalam melindungi wilayah negara ini,”paparnya.

“Mengingat bahwa Irak tidak memiliki anggaran memadai untuk menyelesaikan proyek ini, AS dan para sekutunya di Kawasan akan terlibat untuk memberi bantuan finansial untuk pembangunan tembok, dengan dalih menjaga perbatasan dari penyusupan terorisme,”imbuh Abdujudih.

Ia lalu mengajukan argumen kenapa ia mencurigai adanya tujuan politis di balik proyek pembangunan tembok perbatasan ini.

“Irak punya tetangga-tetangga lain seperti Turki, yang telah menyusup hingga 100-120 km ke kedalaman Irak. Turki secara langsung menduduki wilayah Irak. Selain itu, teroris juga menyusup dari semua tempat. Lalu kenapa tembok pengaman hanya dibangun di perbatasan Irak-Suriah?”tanya Abdujudih.

“Dalam proyek ini, ada keterlibatan kepentingan politik AS dan konflik internasional-regional terkait isu-isu domestik Irak. Washington menggunakan segala cara untuk menghadapi sayap-sayap Resistansi dan al-Hashd al-Shaabi,”tandasnya. (af/fars)

Baca Juga:

Hina Bangsa Irak, Situs Berita AS “Diberi Pelajaran”

Tanggapi Krisis Ukraina, Suriah: Rusia dalam Posisi Defensif, Bukan Ofensif

DISKUSI: