UE Janjikan Bantuan € 20 Juta kepada Iran dan Venezuela untuk Penanggulangan Pandemi Covid-19

0
130

Brussels, LiputanIslam.com –  Uni Eropa (UE) menjanjikan bantuan sebesar € 20 juta kepada Iran dan Venezuela dalam upaya pemberantasan pandemi virus corona alias Covid-19, dan mendesak masyarakat internasional agar mengikuti langkah UE ini.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell, Senin (23/3/2020), menyatakan bahwa UE sedang bersiap untuk mengirim bantuan kemanusiaan senilai 20 juta euro ke Iran dan Venezuela dalam beberapa minggu mendatang.

Borrell mengatakan Teheran dan Caracas sama-sama berada di bawah sanksi AS yang ditujukan untuk membuat Iran dan Venezuela menderita kelaparan.

Menurutnya, sanksi AS terhadap industri minyak Iran telah membuat negara republik Islam ini berada dalam situasi yang sangat sulit di tengah krisis Covid-19.

Borrell menyatakan pengiriman makanan, obat-obatan dan peralatan medis ke dua negara ini seharusnya tidak terpengaruh oleh sanksi AS, dan ini harus ditegaskan kembali karena banyak pihak  kuatir  bahwa jika mereka berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan semacam ini maka mereka dikenai sanksi oleh AS.

Baca: Wabah Covid-19, Iran Selidiki Dugaan Serangan Biologis

Bukan ini masalahnya, lanjut Borrel, tapi harus ditegaskan kembali agar setiap orang mengerti bahwa mereka dapat berpartisipasi dalam bantuan kemanusiaan semacam ini.

Baca: Video: Tegang, Tentara Iran Nyaris Tembak Jatuh Jet Tempur F-18

Dia kemudian menyatakan dukungannya kepada kebijakan Iran meminta bantuan keuangan kepada   Dana Moneter Internasional (IMF) dalam upayanya memberantas wabah yang mendunia ini. (mm/presstv)

DISKUSI: