Video: Tegang, Tentara Iran Nyaris Tembak Jatuh Jet Tempur F-18

0
5347

Teheran, LiputanIslam.com –  Unit Pertahanan Udara Angkatan Bersenjata Iran menghalau jet tempur F-18 yang mendekati wilayah perbatasan negara ini dari arah selatan.

Sebuah video menunjukkan Pasukan Pertahanan Udara Angkatan Darat Iran beberapa kali memperingatkan jet tempur F-18 yang mengganggu di Iran selatan, dan memaksanya untuk segera meninggalkan zona udara negara ini.

Menurut laporan FNA, Senin (23/3/2020), video itu dirilis oleh Republik Islam Iran Broadcasting (IRIB), dan memperlihatkan detik-detik Pasukan Pertahanan Udara Iran pada Jumat lalu mengancam akan merudal jet tempur itu jika tetap melesat menuju wilayah udara Iran, namun tak disebutkan jet ini milik negara mana.

Dilaporkan bahwa jet tempur itu segera mengubah arahnya dan meninggalkan wilayah udara Iran setelah mendapat peringatan keras.

Pasukan Dirgantara Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) pada 20 Juni 2019 menembak jatuh satu unit pesawat nirawak pengintai supercanggih milik AS yang menerobos zona udara Iran di angkasa perairan dekat Selat Hormuz.

Presiden AS Donald Trump kemudian menyatakan bahwa Angkatan Udara AS akan membalas dengan menyerang tiga sasaran Iran, tapi kemudian dia mengaku membatalkan rencana serangan itu pada 10 menit menjelang waktu yang dijadwalkan dengan dalih demi menghindari jatuhnya banyak korban tewas. (mm/fna)

DISKUSI: