Trump Mengaku Bekerjasama dengan Erdogan Soal Idlib

0
8

Washington, LiputanIslam.com –  Presiden AS Donald Trump kepada wartawan di Washington, Selasa (18/2/2020), mengaku bekerjasama dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengenai berbagai persoalan di Provinsi Idlib, Suriah.

Ditanya mengenai kontak telefonnya dengan Erdogan belum lama ini Trump menyebutnya sebagai sosok yang “kuat dan keras”, serta terjalin hubungan yang baik dengannya.

“Kami bekerja bersama di Idlib. Mari kita lihat apa yang dapat  kita lakukan bersama,” katanya.

Baca:  AS Kirim 300-an Truk Senjata ke Suriah Utara

Turki belakangan ini memperkuat pos pantaunya di Idlib menyusul terjadinya dua serangan tentara Suriah yang menewaskan 13 tentara Turki dan seorang warga sipil, serta menciderai 45 lainnya.

Sebelumnya, militer Turki mengirim konvoi sedikitnya 330 kendaraan militer sehingga tercatat sebagai yang terbesar selama beberapa waktu belakangan ini.

Baca: Presiden Assad Ucapkan Selamat Kepada Penduduk Aleppo atas Kemenangan Tentara Suriah

Presiden Erdogan Rabu pekan lalu menyatakan Turki akan menjangkau semua target yang dianggapnya sebagai ancaman langsung, dan bahwa Turki memberi tenggat waktu hingga akhir Februari ini kepada pemerintah Suriah untuk menarik mundur tentara Suriah ke belakang pos pantau Turki, atau akan menghadapi konsekuensi.

Gedung Putih dalam pernyataan yang dirilisnya Sabtu lalu mengenai kontak telefon Trump dengan Erdogan menyebutkan bahwa Trump mengucapkan terima kasih atas apa yang disebutnya “upaya Erdogan mencegah tragedi kemanusiaan baru di Idlib”.

Sementara itu, Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) menyatakan bahwa pasukan Rusia, Selasa, menggempur kelompok-kelompok bersenjata yang didukung Turki di utara distrik Ain Isa, di utara Raqqah, Suriah, dengan menggunakan peluncur roket.

SOHR juga menyebutkan bahwa pasukan Turki dan kelompok-kelompok militan yang didukungnya menyerang desa al-Mashirafah, distrik Ain Isa.

Menurut SOHR, pasukan Turki dan militan yang didukungnya pada Senin lalu juga telah menyerang rumah-rumah warga sipil di desa Qaz Ali dan kawasan Sawami’ Qaz Ali di utara Provinsi Raqqah. Selain itu, pasukan artileri Turki juga menyerang desa Harmalah dan sisi utara distrik Abu Rasin di provinsi yang sama.

SOHR tidak menyebutkan dampak dan akibat serangan-serangan tersebut.  (mm/raialyoum/dailysabah)

 

DISKUSI:
SHARE THIS: