Inggris Minta Israel Tidak Mencaplok Bagian-Bagian Tepi Barat dan Hindari Keputusan Sepihak

0
128

London, LiputanIslam.com –  Pemerintah Inggris tampak berhati-hati dalam menyikapi Perjanjian Abad Ini yang diajukan oleh Presiden AS Donald Trump, namun juga mendesak Israel agar tidak menganeksasi bagian-bagian kawasan Tepi Barat.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengingatkan aneksasi demikian oleh Israel akan merusak upaya untuk memulai kembali perundingan damai dengan Palestina.

“Britania Raya prihatin atas laporan kemungkinan langkah menuju aneksasi bagian Tepi Barat oleh Israel. Setiap langkah sepihak seperti itu akan merusak upaya baru untuk memulai kembali perundingan perdamaian, dan bertentangan dengan hukum internasional, ”ungkap Raab dalam sebuah statemennya,  Jumat 31/1/2020).

Dia menambahkan, “Setiap perubahan pada status quo tidak dapat dimajukan tanpa kesepakatan yang dinegosiasikan oleh pihak-pihak itu sendiri.”

Presiden AS Donald Trump Selasa lalu merilis prakarsa perdamaiannya yang dinamai “Kesepakatan Abad Ini” -di Gedung Putih bersama Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, tanpa kehadiran pejabat Palestina.

Baca: Deal of the Century, Derita Palestina, dan Bungkamnya Negara-negara Arab

Pada momen perilisan itu, Trump menyebut Quds (Baitul Maqdis/Yerusalem) sebagai “ibu kota Israel yang tidak terbagi.”

Prakarsa sepihak itu mengabaikan resolusi-resolusi PBB sebelumnya mengenai Palestina, dan malah mencanangkan pelolosan hampir semua yang dikehendaki Israel.

Menteri Luar Negeri Inggris menyebut prakarsa itu “serius” namun memerlukan “banyak waktu dan upaya”.

Baca: Ali Velayati Sebut Perjanjian Abad Ini Mengandung Ambisi Salibis-Zionis

Sebelumnya, Menteri Inggris untuk Timur Tengah dan Afrika Utara Andrew Murisson menyatakan London “menyambut baik” prakarsa itu, namun dia juga mengatakan, “Ini tidak berarti kami mendukung isinya.”

Prakarsa itu menyebutkan beberapa persoalan sensitif, termasuk meloloskan ambisi Israel mencaplok permukiman yang telah dibangunnya di wilayah pendudukan Tepi Barat, terutama Lembah Yordan, yang akan dijadikan sebagai perbatasan timur Israel.

Baca: Presiden Palestina: “Perjanjian Abad Ini” akan Terbuang di Tong Sampah

Duta Besar Amerika untuk Israel David Friedman menyatakan bahwa area-area ini dapat segera dianeksasi tanpa perlu ditunda. (mm/anatolia/railayoum)

DISKUSI: