Gempar, Sinagog Chicago Nyatakan Anti Zionis dan Dukung Palestina

0
215

Chicago, LiputanIslam.com –  Sinagog Yahudi Tzedek Chicago di kota Chicago, Amerika Serikat (AS), mengumumkan bahwa para anggotanya memberikan suara mendukung resolusi yang menetapkan komunitas sinagog ini sebagai kelompok “anti-Zionisme” dan bersimpati kepada bangsa Palestina.

Sinagog yang memiliki lebih dari 3.000 pengikut ini merilis pernyataan yang mengutuk pendirian Israel, menyebutnya sebagai “kezaliman terhadap rakyat Palestina”, dan menegaskan bahwa Zionisme bergantung pada penjagaan mayoritas demografis Yahudi di tanah pendudukan Palestina.

“Sejak didirikan, Israel berusaha mempertahankan mayoritas ini dengan secara sistematis mengusir warga Palestina dari rumah mereka melalui berbagai cara, termasuk pengusiran secara militer, penghancuran rumah, perampasan tanah, dan pencabutan hak tinggal,” bunyi pernyataan Sinagog Tzedek Chicago, seperti dikutip Rai Al-Youm, Selasa (5/4).

Sinagog ini menekankan bahwa semakin sulit untuk menyangkal kezaliman mendasar dalam substansi Zionisme.

“Mengingat realitas kezaliman historis dan berkelanjutan ini, kami berkesimpulan bahwa tidaklah cukup menyebut diri kami sebagai non-Zionis, sebab istilah yang netral ini gagal menghargai hipotesis sentral anti-rasisme yang intinya ialah bahwa penindasan tak bisa bisa diabaikan begitu saja, sebaliknya hal ini harus berubah,” ungkap Sinagog Tzedek Chicago.

Menolak kaitan antara anti-Zionisme dan anti-Semitisme, pernyataan itu menyebutkan, “Adalah suatu penyesatan anggapan bahwa kontra-Zionisme pada dasarnya merupakan anti-Semitisme. Sebab, Yahudi yang merupakan sebuah kelompok keagamaan berusia sekian abad tidaklah identik dengan Zionisme yang merupakan ideologi kebangsaan modern, bukan eksklusif Yahudi.” (mm/raialyoum)

Baca juga:

Peringatkan Israel, Resistansi Palestina: Perang 12 Hari Bisa saja Terulang

Tentara Israel Serbu Jemaah di Masjid Aqsa

DISKUSI: