Aljazair Bantah Pasukannya Dilatih Hizbullah

0
226

Aljir,LiputanIslam.com-Utusan Maroko di PBB, Omar Zniber mengklaim, orang-orang yang berafiliasi kepada Hizbullah Lebanon berada di kota Tindouf, Aljazair untuk melatih pasukan negara tersebut.

Tudingan ini pun ditanggapi oleh majalah al-Jaish milik Tentara Aljazair. Dalam tulisannya, al-Jaish menyebut Zniber tak sungkan mengumbar kebohongan di siang bolong.

Al-Jaish lalu menganalisis kenapa Zniber menyebut-nyebut Hizbullah sebagai “pelatih pasukan Aljazair”, tanpa menyebut para pelatih dari negara-negara besar, yang memiliki tentara kuat, modern, dan personel yang punya pengalaman.

“Zniber ingin berkata kepada pihak Zionis, bahwa musuh kalian, yaitu Hizbullah, berada di Aljazair dan merupakan ancaman bagi kawan kalian, yaitu Maroko. Zniber juga ingin mengirim pesan kepada kawan-kawan kami di Teluk (Persia) bahwa Hizbullah adalah sahabat dan sekutu Aljazair. Ia juga ingin memberitahu Barat bahwa Hizbullah, yang dianggap (Barat) sebagai kelompok teroris, berada di Aljazair. Tujuannya adalah agar Barat mengacaukan keamanan Kawasan dan melancarkan agresi ke Aljazair,”tandas al-Jaish.

Konflik Aljir dan Rabat meruncing setelah terjadinya kebakaran di sejumlah titik Aljazair, yang menewaskan puluhan warga negara tersebut.

Maroko dan Israel disebut berada di balik kebakaran-kebakaran itu, setelah beberapa waktu lalu Menlu Rezim Zionis Yair Lapid di Maroko mengaku cemas atas hubungan dekat Aljazair dengan Iran.

Sebelum ini, Menlu Aljazair secara resmi mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik negaranya dengan Maroko.

Dewan Tinggi Keamanan Nasional Aljazair juga telah menginstuksikan agar zona udara negara ini segera ditutup untuk semua pesawat Maroko, baik militer atau sipil, dan semua pesawat yang memiliki nomor daftar Maroko. (af/fars)

Baca Juga:

Aljazair Tutup Zona Udaranya untuk Maroko

Bermaksud Mengintai Latihan Perang, Kapal Selam Israel Dipaksa Mengambang oleh AL Aljazair

DISKUSI: