Bermaksud Mengintai Latihan Perang, Kapal Selam Israel Dipaksa Mengambang oleh AL Aljazair

0
317

Algiers, LiputanIslam.com –   Dua kapal selam Angkatan Laut (AL) Aljazair berhasil menghalau sebuah kapal selam Israel yang bergerak mendekati zona perairan yang sedang ditempati oleh AL Aljazair untuk latihan perang bersandi “Deterensi 2021” bersamaan dengan memburuknya hubungan negara ini dengan Maroko yang dipicu antara oleh lain oleh ulah Israel.

Dikutip situs Mena Defence yang membidangi berita militer Aljazair, Jumat (1/10), pakar militer Rusia Darko Todorovsky di Twitter menyebutkan bahwa peristiwa penghalauan itu terjadi pada hari Senin lalu ketika sedang dilakukan persiapan latihan perang yang digelar pada hari Rabu dan Kamis. Saat itu AL Aljazair mendeteksi kapal selam jenis Dolphin di perairan internasional sejarak 5 km dari area latihan perang tersebut.

Dua kapal selam Aljazair dan dua helikopter Aljazair berhasil memaksa kapal selam Israel itu mengapung ke permukaan di perairan internasional dan menjauh dari area latihan perang. Mengapung ke permukaan dalam bahasa kapal selam dan maritim militer berarti mengurungkan misi dan memilih mundur.

Kapal selam Israel itu diduga bermaksud memantau penggunaan rudal canggih Kalibr buatan Rusia oleh Aljazair. Rudal ini tergolong senjata utama AL Rusia dan AL Aljazair.

Kapal selam Rusia pernah menembakkan rudal itu dari dasar laut, dan ini merupakan teknologi yang sejauh ini hanya tersedia di tiga negara di Laut Mediteranian, yaitu Israel sejak beberapa tahun silam, Aljazair sejak tahun 2019 dan Prancis sejak tahun lalu.

AL Aljazair dalam latihan perang tersebut menggunakan rudal itu dengan memasangnya di dasar laut dan menembakkannya ke sasaran di laut sejarak 270 km.

Perkembangan militer krusial ini terjadi bersamaan dengan ketegangan hubungan antara Aljazair dan Maroko setelah Aljazair memutus hubungan diplomatiknya dengan Maroko dan menutup zona udaranya bagi pesawat Maroko.

Mena Defence menyoal pihak mana yang berada di balik upaya pengintaian yang dilakukan oleh kapal selam Israel terhadap latihan perang maritim Aljazair.

Hubungan Aljazair dengan Maroko terputus antara lain karena dugaan adanya koordinasi militer antara Maroko dan Israel terhadap Aljazair. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Rakyat Bahran Peringatkan Menlu Israel dengan Pedang Legendaris Islam

Hizbullah Tembak Jatuh Drone Israel di Lebanon Selatan

DISKUSI: