Al-Hashd al-Shaabi Siap Bantu Selidiki Penculikan dan Pembunuhan di al-Farhatiyah

0
162

Baghdad,LiputanIslam.com-Ketua al-Hashd al-Shaabi, Falih al-Fayyadh mengutarakan kesiapan organisasinya untuk menyelidiki aksi kejahatan di al-Farhatiyah, kota Balad di Provinsi Salahudin.

Pada Sabtu pagi (17/10) Komandan Kepolisian Provinsi Salahudin merilis statemen terkait penculikan 12 warga sipil al-Farhatiyah di kota Balad. Sebuah kelompok bersenjata tak dikenal diduga keras sebagai pelaku penculikan itu.

Setelah itu, 8 orang dari korban penculikan ditemukan dalam keadaan tewas akibat ditembak. Nasib para korban penculikan lain masih belum diketahui hingga saat ini.

“PM Irak Mustafa al-Kadhimi menunjukkan perhatian khusus terhadap kejadian ini. Kami telah mengutus delegasi resmi keamanan ke TKP untuk melakukan penyelidikan,”kata al-Fayyadh.

“Kami akan menindak tegas orang-orang yang terbukti memiliki keterlibatan dalam kejahatan ini,”imbuhnya.

Angkatan Bersenjata Irak sendiri menyatakan, ada kemungkinan bahwa kelompok teroris ISIS adalah pelaku penculikan dan pembunuhan tersebut.

“Menyusul terjadinya kejahatan biadab di al-Farhatiyah, Komandan Jenderal Angkatan Bersenjata Irak telah menginstruksikan penguatan keamanan kawasan ini melalui satuan-satuan tentara. Sebuah tim investigasi juga telah dibentuk untuk mendapatkan informasi akurat terkait insiden ini,”papar Yahya Rasul.

“Proses penyelidikan terkait pelaku kejahatan ini menunjukkan, ada kemungkinan bahwa sindikat teroris ISIS adalah dalang di balik kebiadaban ini. Tujuan mereka adalah mengacaukan situasi keamanan, mengalihkan perhatian, dan menciptakan kesenjangan antara warga dan Pasukan Keamanan,”tandasnya. (af/alalam)

Baca Juga:

Legislator Irak Bantah Isu Pengusiran al-Hashd al-Shaabi dari Zona Hijau Baghdad

Relawan Irak Gagalkan Upaya “Angen Mossad” Ledakkan Makam Abu Mahdi al-Muhandis

DISKUSI: