Al-Hashd Al-Shaabi: Kami Tidak Percaya Janji atau Kesepakatan dengan AS

0
107

Baghdad,LiputanIslam.com-Seorang komandan al-Hashd al-Shaabi menegaskan, AS tidak pernah berkomitmen dengan satu pun perjanjian yang dibuatnya.

Kepada al-Maalomah, Abu Mahdi al-Karaawi mengutarakan ketidak percayaan al-Hashd al-Shaabi terhadap janji atau kesepakatan dengan AS.

Menurutnya, bagi AS, kepentingan-kepentingannya lebih penting dari segala hal lain. Sebab itu, AS bersedia membatalkan semua kesepakatan yang dibuat demi menjaga kepentingannya. Contohnya adalah saat AS keluar dari kesepakatan nuklir Iran (JCPOA).

Al-Karaawi meyakini, semua bentuk perundingan politik atau ekonomi dengan AS harus menguntungkan Irak dan bisa melindungi kedaulatannya.

Dia memperingatkan kemungkinan dijalinnya kesepakatan kabur, yang tujuannya adalah menjaga kepentingan AS di Irak.

Penasihat PM Irak, Hashim Dawud, mengabarkan bahwa perundingan dengan Washington akan diadakan Kamis (11/6). Perundingan itu akan membahas masalah ekonomi, budaya, pertanian, dan industri.

Meski Dawud menyatakan demikian, namun tetap ada sinyalir bahwa tujuan AS dari perundingan ini adalah menemukan justifikasi atas keberadaan militernya di Irak.

Pada Januari lalu, Parlemen Irak mengesahkan keputusan mengusir Pasukan AS dari Irak, menyusul serangan teror terhadap Qassem Soleimani dan Abu Mahdi al-Muhandis. (af/alalam)

Baca Juga:

Irak dan Suriah Jadi Ajang Uji Coba Senjata-senjata Koalisi Internasional

Angkatan Bersenjata Irak: Kami Tak Butuh Pasukan Asing untuk Hadapi ISIS

DISKUSI: