Aktivis HAM di Afghanistan Tewas Akibat Ledakan Bom

0
111

Sumber foto: Al-Jazeera

Kabul,LiputanIslam.com—Dua orang aktivis Ham di ibukota Kabul, Afghanistan, dilaporkan tewas pada Sabtu (27/6) kemarin akibat ledakan bom yang meledakkan mobil mereka.

Menurut keterangan Komisi HAM Independen Afghanistan, mobil yang dikendarai oleh dua orang aktivis ini telah dilekatkan sebuah bom tempel dan mulai diledakkan pada Sabtu pagi.

Jubir kepolisian Kabul, Ferdaws Faramuz, telah mengonfirmasi serangan tersebut dan menyebut belum ada satu pihak pun yang bertanggung jawab atas serangan ini.

Misi Pendampingan PBB di Afghanistan mengecam keras aksi pembunuhan tersebut.

“Serangan terhadap para pembela HAM tidak dapat dibenarkan dengan alasan apapun,” tulis institusi itu melalui Twitter dan mendesak dilakukannya penyeledikan sesegera mungkin.

Insiden ini terjadi kurang dari Seminggu usai tertembaknya dua orang jaksa dan tiga orang pekerja dari di kantor Kejaksaan Agung oleh sejumlah pria bersenjata di pinggiran kota Kabul.

Baca Juga:

Tujuh Anggota Personil Militer Afghanistan Tewas Akibat Serangan Taliban

Taliban Sepakat Hadiri Perundingan Damai dengan Pemerintah Afghanistan di Doha

Pada 30 Mei lalu, seorang jurnalis tewas saat menumpangi sebuah minibus meledak akibat sebuah bom yang terpasang di pinggih jalanan kota Kabul. Serangan ini telah diklaim oleh kelompok teroris ISIL (ISIS).

Berbagai aksi teror bom terjadi di sebagian besar kota-kota di Afghanistan usai kelompok Taliban menawarkan genjatan senjata menjelang perayaan Ied Al-Fitr bulan lalu dan menuntut dibebaskannya 5.000 anggota mereka yang ditahan pemerintah.

Sampai saat ini, pemerintah Afghanistan telah membebaskan 3.000 personil Taliban agar kelompok tersebut mau melakukan perundingan damai dengan negara. Meski begitu, Taliban tetap bersikukuh dan hanya akan menggelar perundingan jika pemerintah telah membebaskan 5.000 anggota mereka. (fd/Al-Jazeera)

DISKUSI: