Tujuh Anggota Personil Militer Afghanistan Tewas Akibat Serangan Taliban

0
166

Sunber foto: Al-Jazeera

Kabul,LiputanIslam.com—Kementerian Pertahanan Afghanistan mengumumkan pada Rabu (24/6) kemarin ihwal tewasnya tujuh orang anggota militer negara itu akibat serangan para pejuang Taliban di sebuah pos militer Provinsi Badghis.

Serangan itu berlangsung usai pemerintah Kabul menuduh kelompok bersenjata Afghanistan semakin meningkatkan skala serangan terhadap pasukan keamanan dalam beberapa pekan terakhir.

Anggota parlemen Badghis, Ziauddin Akazi, mengatakan bahwa para anggota taliban telah menyerang pos militer terdepan yang berada di distrik Bala Murghab pada Selasa malam dan memicu pertempuran sengit yang berlangsung selama empat jam.

“Sebagian besar dari mereka yang tewas adalah anggota komando dan pasukan khusus,” jelas Akazi.

Serangan Taliban ke arah petugas keamanan pemerintah terjadi saat dua entitas (Taliban dan pemerintah Afghanistan) sedang berusaha melakukan perundingan damai untuk mengakhiri konflik yang internal berkepanjangan di negara itu.

Baca juga: Taliban Sepakat Hadiri Perundingan Damai dengan Pemerintah Afghanistan di Doha

Beberapa waktu lalu, pemerintah Afghanistan telah membebaskan 3.000 tahanan Taliban sebagai syarat berlangsungnya perundingan damai yang diminta Taliban. Meski begitu, Taliban meminta pemerintah membebaskan 5.000 anggota Taliban yang ditahan pemerintah  sebelum perundingan berlangsung.

Perundingan damai rencananya akan berlangsung di ibukota Doha, Qatar, namun belum ada keterangan kapan perundingan akan dilakukan. (fd/Al-Jazeera)

 

DISKUSI: