Taliban Sepakat Hadiri Perundingan Damai dengan Pemerintah Afghanistan di Doha

0
113

Sumber foto: Al-Jazeera

Kabul,LiputanIslam.com—Kelompok Taliban bersama dengan pemerintah Afghanistan akhirnya sepakat untuk menggelar perundingan damai internal di ibukota Doha-Qatar, untuk menyelesaikan perselisihan yang telah berlangsung bertahun-tahun di Negara itu.

Seperti dilansir oleh Al-Jazeera pada Senin (15/6) kemarin, waktu perundingan masih belum diputuskan, tetapi pertemuan penting ini diharapkan terjadi usai pemerintah membebaskan 5.000 tahanan Taliban akhir pecan depan.

“Pertemuan perdana internal Afghanistan akan berlangsung di Doha,” ucap jubir Taliban, Suhail Shaheen.

Ia mengaku, kelompok bersenjata siap melangsungkan perundingan internal dalam seminggu usai pembebasan 5.000 tahanan dilakukan.

Sejauh ini, pemerintah Afghanistan baru membebaskan 3.000 tahanan Taliban di bawah perjanjian damai yang ditandatangani oleh Amerika Serikat (AS) dan Taliban pada Februari lalu.

Baca juga: Pemerintah Afghanistan Ingin Genjatan Senjata dengan Taliban Diperpanjang

Perjanjian ini juga menuntut mundurnya seluruh elemen pasukan asing dari Afghanistan dan menggelar perundingan internal antara pemerintah Afghanistan dengan Taliban untuk mengakhiri peperangan yang telah berlangsung selama 19 tahun.

Sementara itu, pemerintah Afghanistan ingin perundingan damai dengan Taliban segera dilakukan meski pemerintah baru membebaskan 3.000 tahanan. (fd/Al-Jazeera)

 

DISKUSI: